Sukses


Bikin Bangga! Kontingen Indonesia Kunci Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Bola.com, Jakarta - ASEAN Para Games 2023 jadi momen membanggakan buat kontingen Indonesia. Pasalnya para atlet paralimpik sukses mengunci gelar juara umum ajang ini hari Rabu (07/06/2023) malam WIB. 

 

 

Kontingen Indonesia hingga Rabu pukul 22.00 WIB, total 128 emas yang diraih tim Merah Putih secara kalkulasi sudah tak bisa dikejar Thailand yang sementara di posisi kedua klasemen medali ASEAN Para Games 2023.

"Alhamdulillah puji syukur karena apa yang kita cita-citakan dan harapkan seluruh kontingen, pada malam ini bisa mencapapai prestasi membanggakan. Kita sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun menyisakan dua hari pertandingan," kata Chef de Mission (Cdm) Indonesia, Andi Herman.

Andi memaparkan, secara perhitungan, jumlah 128 medali emas yang diraih saat ini tak mungkin bisa dikejar Thailand (96 emas) yang berada di peringkat kedua sementara.

Apalagi, Indonesia masih menyisakan sederet laga final dari cabor tenis meja, bulu tangkis, sepak bola cp maupun para catur.

"Ini menjadi sejarah baru Indonesia bisa tiga kali beruntun juara umum atau hattrick. Ini tidak mudah dicapai oleh negara lain dan hasil kerja keras banyak pihak sejak pelatnas hingga tiba di Kamboja," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Tambahan 28 Medali Emas

 

Tim Merah Putih menambah 28 medali emas hari ini dari cabor renang, voli duduk, atletik, angkat berat, dan para catur.

Cabor renang menyumbang lima medali emas. Diantaranya melalui Fajar Nur Hardianto (100 meter gaya dada putra SB4), Muhd Gerry Pahker (100 meter gaya dada putra SB6).

Lalu 200 meter individual medley SM9 oleh Jendi Pangabean dan estafet 4x100 meter gaya bebas lewat Marinus Melianus Yowei, Maulana Rifky Yavianda, Manaser Meriba Numberi, dan Sunarto.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Para Atletik Menggila

Kemudian para atletik tampil menggila hari ini dengan menyumbangkan 10 medali emas.

Tak ketinggalan, cabor para catur dan angkat berat juga menyumbangkan medali emas masing-masing enam keping medali emas.

Emas dari cabor voli duduk didapatkan setelah mengalahkan Kamboja. Bertanding di Elephant Hall, Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (7/6/2023), siang, Indonesia menang 3-2 (26-24, 25-22, 18-25, 18-25, 15-13).

Video Populer

Foto Populer