Sukses


Tanda-Tanda Serangan Jantung saat Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Olahraga adalah satu di antara cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat jantung kita. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan stamina, menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kendati olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kita perlu memperhatikan tanda-tanda serangan jantung yang mungkin terjadi saat kita beraktivitas fisik.

Penting untuk memahami gejala ini agar kita dapat mengambil tindakan yang tepat dan segera menghubungi bantuan medis jika diperlukan.

Dengan pengetahuan yang benar, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan orang-orang terdekat kita, serta menjaga kesehatan jantung kita selama berolahraga.

Tanda-tanda serangan jantung saat olahraga dapat berbeda-beda pada setiap individu. Namun, beberapa gejala umum yang perlu diperhatikan adalah nyeri atau tekanan di dada dan sesak napas.

Berikut tanda-tanda serangan jantung saat olahraga yang perlu diwaspadai, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (16/6/2023).

2 dari 4 halaman

Tanda Serangan Jantung saat Olahraga

1. Dada Terasa Tidak Nyaman

Dada terasa tidak nyaman saat berolahraga bisa jadi pertanda serangan jantung. Kondisi ini ditandai dengan dada terasa berat, panas, sesak, dan nyeri seperti diremas.

Rasa nyeri yang dirasakan bisa datang dan pergi. Pada beberapa kasus, nyeri di dada terbilang ringan. Meski begitu, jangan anggap sepele, hentikan aktivitas olahraga segera apabila kamu mengalaminya.

2. Sesak Napas

Selain dada terasa tidak nyaman, gejala serangan jantung saat olahraga biasanya disertai sesak napas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sesak napas juga bisa terjadi sebelum rasa tidak nyaman di dada muncul.

Maka itu, para ahli menyarankan agar segera menghentikan segala aktivitas ketika kamu mengalami sesak napas saat berolahraga. 

3 dari 4 halaman

Tanda Serangan Jantung saat Olahraga

3. Keringat Dingin 

Keringat mengucur selama berolahraga lumrah terjadi. Namun, kamu patut waspada apabila yang mengalir adalah keringat dingin disertai mual.

Gejala ini menandakan terjadi sesuatu yang tidak normal pada jantungmu.

4. Kelainan Irama Jantung

Detak jantung yang berdegup kencang atau iramanya tidak beraturan bisa menjadi tanda akan adanya serangan jantung saat olahraga. Segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah apabila kamu mengalaminya.

Untuk memastikan kondisi jantung, cari bantuan medis secepatnya.

4 dari 4 halaman

Tanda Serangan Jantung saat Olahraga

5. Rasa Tidak Nyaman pada Bagian Tubuh Lain

Selain dada, serangan jantung saat olahraga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian tubuh lainnya. Nyeri bisa kamu rasakan di area lengan, perut, dan punggung.

Bahkan, nyeri bisa menyebar ke bahu, leher, rahang, hingga gigi.

6. Pusing

Lelah saat olahraga wajar terjadi, terutama jika kamu tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik. Namun, kamu perlu menghentikan segala aktivitas apabila merasa pusing saat berolahraga. Sebab, ini adalah satu di antara gejala serangan jantung saat olahraga.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/10/2022)

Yuk, baca artikel tanda-tanda lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer