Sukses


Jenis-Jenis Olahraga Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Di tengah gaya hidup modern yang serba sibuk, penting untuk menjaga kebugaran dan berat badan tetap ideal. Hal itu bisa dilakukan dengan olahraga.

Bagi Anda yang sibuk saat pagi hingga sore, satu di antara solusi yang efektif untuk tetap aktif dan menurunkan berat badan adalah melalui olahraga malam.

Meski sulit, rutinitas olahraga malam dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Ketika hari telah berakhir, dan tugas-tugas harian telah selesai, olahraga malam dapat memberikan waktu yang tepat untuk meluangkan energi yang tersisa dan meningkatkan metabolisme tubuh sebelum beristirahat.

Dengan demikian, aktivitas ini dapat membantu membakar kalori dan menjaga berat badan tetap seimbang.

Kualitas tidur juga tidak akan terganggu ketika olahraga di malam hari. Hal itu dengan catatan memberi waktu kurang lebih 2 jam untuk pemulihan setelah olahraga.

Lantas, jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan di malam hari untuk membantu menurunkan berat badan?

Berikut jenis-jenis olahraga malam yang bisa bantu menurunkan berat badan, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (22/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jeni Olahraga Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

1. Jalan Kaki 

Jalan kaki secara umum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya, jalan kaki termasuk olahraga yang mudah dan membutuhkan lebih sedikit persiapan. 

Satu di antara latihan aerobik ini dapat meningkatkan detak jantung dan membuatmu berkeringat.

Tak berhenti sampai di situ, jalan kaki juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap terkendali, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta mengurangi kecemasan dan depresi.

Bahkan, rutin jalan santai di malam hari juga dapat memperbaiki pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur yang nyenyak.

2. Yoga

Bagi yang tidak punya cukup waktu untuk olahraga di pagi hari, tidak ada salahnya melakukan yoga di malam hari. Aktivitas ini dapat membantu melepaskan lelah setelah sibuk sepanjang hari.

Bahkan, yoga di malam hari juga dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks sebelum tidur, sehingga rasa kantuk akan lebih cepat datang.  

Meski bukan dianggap sebagai latihan penurunan berat badan, namun yoga dapat membakar cukup banyak kalori sehingga dapat mendorong terjadinya penurunan berat badan. 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jeni Olahraga Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

3. Peregangan 

Peregangan sebelum tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks, terutama jika kamu memiliki aktivitas yang padat di siang hari. Kamu bisa melakukan peregangan dalam waktu 30 menit hingga satu jam sebelum waktu tidur. 

Awali dengan melakukan teknik pernapasan selama 10 menit untuk membuat seluruh sistem tubuh menjadi rileks. Kemudian, kamu bisa melanjutkannya dengan melakukan peregangan leher, berbaring T twist, teknik cat-cow, child’s pose, dan meletakkan kaki di atas dinding. 

Pertimbangkan untuk meluangkan beberapa menit untuk melakukan peregangan sebelum tidur. Peregangan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan kebugaran tubuh. 

4. Latihan Angkat Beban

Olahraga yang aman untuk dilakukan malam hari adalah resistance training atau latihan kekuatan. Setelah kita melakukan angkat beban, otot akan tetap membakar kalori sepanjang kita tidur, sehingga lebih efektif untuk menurunkan berat badan. 

Selain itu, di malam hari, tubuh memiliki kadar testosteron dan kapasitas anaerobik yang lebih tinggi, sehingga kamu akan lebih kuat. Hal tersebut dapat membantu untuk melakukan latihan kekuatan, seperti angkat beban. 

Aktivitas ini dapat membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, sehingga metabolisme tubuh dapat meningkat dan pembakaran kalori menjadi lebih maksimal. 

Dikutip dari Men’s Journal, suhu tubuh akan meningkat selama olahraga dan kemudian kembali turun selama pendinginan. Ini dapat membantu tubuh untuk tertidur dengan lebih nyenyak. 

Selain itu, manfaat olahraga angkat beban lainnya juga dapat menurunkan risiko kecemasan dan depresi, dua faktor risiko umum yang sering dialami pada gangguan tidur seperti insomnia. 

4 dari 4 halaman

Jenis-Jeni Olahraga Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

5. Plank

Plank merupakan satu di antara olahraga terbaik untuk menghilangkan lemak di sekitar perut. Tak hanya itu, olahraga plank juga dapat memperkuat otot inti perut dan lengan serta kaki. 

Di awal mencoba, kamu bisa memulainya selama 30 detik. Kemudian, tingkatkan waktunya secara bertahap menjadi 3 hingga 4 menit. 

Dengan memulai plank secara rutin, lemak di perut akan berkurang dan tubuh akan terlihat lebih ramping. 

6. Squat 

Squat merupakan satu di antara jenis latihan kekuatan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Soalnya, olahraga ini dapat meningkatkan massa otot.

Semakin banyak massa otot yang dimiliki, maka semakin cepat proses metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori pun menjadi lebih efektif. 

Manfaat melakukan squat lainnya yaitu mampu menambah massa otot-otot tubuh bagian bawah. 

Untuk mencapai hasil yang optimal, kamu bisa melakukan squat setidaknya 3 set dengan 15 repetisi setiap harinya. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 1/3/2022)

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer