Sukses


Junas Miradiarsyah Bicara Tantangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIBA 2023

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal LOC Piala Dunia FIBA 2023, Junas Miradiarsyah, buka suara mengenai sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Dia punĀ berharap, event tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Piala Dunia FIBA 2023 merupakan event olahraga ternama dunia pertama yang diselenggarakan Indonesia. Junas Miradiarsyah berharap, selama penyelenggaraan nanti sudah sesuai dengan standar dan ekspektasi dari FIBA.

"Sesuatu yang akan kita lakukan ini Indonesia belum ada benchmark. Kejuaraan dunia apapun yang digelar di Indonesia seperti sepak bola belum pernah terjadi," kata Junas Miradiarsyah kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/6/2023).

"Ini basket duluan sehingga kita belum punya benchmark-nya. Bantuan daru FIBA mudah-mudahan kita bisa mencapai standar dan ekspektasi yang diharapkan," tegas Junas Miradiarsyah.

Indonesia merupakan tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina. Indonesia kebagian menggelar pertandingan babak penyisihan dari Grup G dan H Piala Dunia FIBA 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena, Jakarta.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tantangan Penonton

Selain faktor penyelenggaraan,Ā Junas Miradiarsyah juga bicara tantangan pada aspek penonton Piala Dunia FIBA 2023. Pihaknya mendapatkan tanggung jawab untuk memboyong 16 ribuan penonton di Indonesia Arena.

"16 ribu kalau dilihat dari basket kapasitas terbesar mungkin saat ini di Kelapa Gading sekitar 4 ribu sekian. Kemudian pada FIBA Asia Cup itu lima ribu," ucapĀ Junas Miradiarsyah.

"Ini tiga kali lipatnya. Perlu ada strategi-strategi dan cara yang dibuat satu di antaranya memang tunggu line up resmi dari tim. Tiket sudah berjalan sejak lama," tegasĀ Junas Miradiarsyah.

3 dari 3 halaman

Ada Tes Event

Demi penyelenggaraan yang sukses, LOC Piala Dunia FIBA 2023 berencana menggelar tes event. Rencananya, mereka akan menggelar dua tes event sebelum turnamen sesungguhnya untuk melihat kesiapan dari semua aspek.

"Kami juga sedang mempersiapkan ada dua rencana tes event. Pada Juli dengan teman-teman IBL, kemudian ada satu lagi tes event yang rencananya pada Agustus," ucapĀ Junas Miradiarsyah.

"Kami dapat informasi kemarin dari Perbasi mudah-mudahan jadi tes eventnya. Kalau jadi itu tanggal 1-5 Agustus. Rencananya akan diikuti lima negara, namun belum tahu siapa saja," jelasĀ Junas Miradiarsyah.

Video Populer

Foto Populer