Sukses


8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki rasa yang enak dan teksturnya lembut sehingga telah menjadi favorit banyak orang untuk diolah menjadi hidangan sehat.

Di balik itu, buah alpukat memberikan banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Di dalam buah alpukat terdapat lemak sehat yang penting untuk fungsi tubuh secara optimal. Lemak sehat pada buah alpukat dipercaya dapat mencegah berbagai risiko penyakit.

Selain itu, buah alpukat kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Tak heran alpukat menjadi satu di antara buah pilihan bagi banyak orang untuk menjaga kesehatan. Di sisi lain, masih banyak manfaat lain dari mengonsumsi buah alpukat bagi kesehatan.

Berikut ini delapan manfaat buah alpukat untuk kesehatan yang penting diketahui, dikutip dari laman kemkes.go.id dan umsu.ac.id, Rabu (5/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

1. Mendukung Kesehatan Otak

Buah alpukat mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan otak. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kognisi, memori, dan fungsi otak secara keseluruhan.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengonsumsi buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa kadar LDL yang terlalu tinggi tidak baik karena dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah di jantung sehingga meningkatkan risiko terjadi masalah kesehatan jantung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah alpukat lain yaitu membantu menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

Rutin mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan dapat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan pada usia senja.

4. Menjaga Berat Badan

Buah alpukat mengandung serat dan karbohidrat sehingga mengonsumsinya bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Meski mengandung lemak, buah alpukat tidak mengakibatkan kenaikan berat badan. Sebab, lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak baik.

Meski begitu, hindarilah mengonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Alasannya kandungan kalori dalam buah alpukat cukup tinggi, antara 150 sampai 200 kalori pada satu buahnya.  

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

5. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah mencegah pengeroposan tulang. Mengonsumsi 201 gram buah alpukat mampu memenuhi vitamin K sebanyak 35 persen kebutuhan hariannya.

Vitamin K menjadi satu di antara vitamin yang baik untuk menjaga dan mengontrol kesehatan tulang. Vitamin K juga baik untuk mengurangi ekskresi kalsium melalui urine.

6. Mencegah Sembelit

Sembelit terjadi karena kurang asupan serat. Jadi untuk mengatasi kondisi tersebut kamu dapat memenuhi asupan serat. Asupan serat ini dapat kamu peroleh dari buah alpukat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

7. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Selain serat dan lemak yang baik, buah alpukat mengandung kalium. Jenis mineral ini bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Kalium juga baik untuk membantu mengatur detak jantung agar tetap normal.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker menjadi satu di antara penyakit yang berbahaya. Ada berbagai cara pencegahan terhadap penyakit ini, satu di antaranya dengan mengonsumsi buah alpukat.

Buah ini mengandung folat yang cukup tinggi untuk mencegah munculnya kanker usus besar, lambung, pankreas, hingga serviks.

 

Sumber: kemkes.go.id, umsu.ac.id

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer