Sukses


4 Contoh Memo dalam Bahasa Inggris, Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Sebagai satu di antara bentuk komunikasi tertulis yang efektif, memo digunakan untuk mengirimkan pesan, pemberitahuan, instruksi, atau permintaan kepada rekan kerja, tim, atau departemen dalam organisasi.

Memahami bagaimana menyusun memo yang baik dan efektif penting dalam dunia bisnis yang dinamis dan kompetitif.

Memo yang baik dapat membantu menjaga arus informasi yang efisien, mempercepat pengambilan keputusan, dan memastikan pemahaman yang jelas tentang tugas, tanggung jawab, atau perubahan yang terjadi di lingkungan kerja.

Namun, masih banyak dari kita yang tidak terlalu memahami cara membuat memo, terlebih memo dalam bahasa Inggris yang terkadang diperlukan beberapa organisasi atau perusahaan.

Untuk membantumu, berikut empat contoh memo dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan referensi, dikutip dari laman Ruangseni, Kamis (6/7/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Memo dalam Bahasa Inggris

Contoh 1

MEMO

To: Amelia Sahara, S. Pd

From: Ahmad Kurnia M. Pd

Date: February 25, 2016

Subject: Proposal of International Educational Conference

During the next month starting on March 2nd, we are going to conduct a conference titled International Educational Conference. This conference will be attended by 54 representatives from 27 countries. The conference will discuss about the methods in teaching and training for teachers. Please kindly send me the proposal related to this event to my room today as soon as possible.

 

Arti:

MEMO

Kepada: Amelia Sahara, S.Pd

Dari: Ahmad Kurnia M.Pd

Tanggal: 25 Februari 2016

Subjek: Proposal Konferensi Pendidikan Internasional

Selama bulan depan mulai tanggal 2 Maret, kita akan mengadakan konferensi bertema Konferensi Pendidikan Internasional. Konferensi ini akan dihadiri oleh 54 perwakilan dari 27 negara. Konferensi akan membahas tentang metode pengajaran dan pelatihan bagi guru. Mohon kirimkan proposal yang terkait dengan acara ini ke ruangan saya hari ini sesegera mungkin.

3 dari 5 halaman

Contoh Memo dalam Bahasa Inggris

Contoh 2

MEMO

To: Roman Prawira

From: Handi Kurniasari

Date: June 17, 2016

Subject: Helping people living in coastal area

I have seen the people living in coastal area in our province, especially the children. The children there do not get proper education. I feel sorry for them. They have no many books to read and the condition of the school is far from good. I intend to help them by making a house for reading. I will need the help from other members as well. Can you send a message to our community members to come to a meeting on June 22? Thank you.

 

Arti:

MEMO

Kepada: Roman Prawira

Dari: Handi Kurniasari

Tanggal: 17 Juni 2016

Subjek: Membantu orang yang tinggal di daerah pesisir

Saya telah melihat orang-orang yang tinggal di daerah pesisir di provinsi kita, terutama anak-anak. Anak-anak di sana tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Saya merasa kasihan pada mereka. Mereka tidak memiliki banyak buku untuk dibaca dan kondisi sekolahnya sangat kurang baik. Saya ingin membantu mereka dengan membuat rumah baca. Saya akan membutuhkan bantuan dari anggota lain juga. Dapatkah Anda mengirim pesan ke anggota komunitas kita untuk menghadiri pertemuan pada 22 Juni? Terima kasih.

4 dari 5 halaman

Contoh Memo dalam Bahasa Inggris

Contoh 3

MEMO

To: All Employees

From: Zayn Hashim, General Manager

Date: August 20, 2015

Subject: Company's Anniversary

We are going to celebrate the anniversary of our company next week. It will be held on Tuesday, August 27, 2015 at 10 a.m. There will be fun activities, bazaars, and door prizes for all employees. Thus, all employees are expected to participate in this event and are able to come on time. Thank you.

 

Arti:

MEMO

Kepada: Semua Karyawan

Dari: Zayn Hashim, General Manager

Tanggal: 20 Agustus 2015

Perihal: HUT Perusahaan

Kita akan merayakan ulang tahun perusahaan minggu depan. Acara ini akan diselenggarakan pada Selasa, 27 Agustus 2015, pukul 10 pagi. Akan ada kegiatan menyenangkan, bazaar, dan doorprize untuk semua karyawan. Dengan demikian, semua karyawan diharapkan dapat berpartisipasi dalam acara ini dan dapat hadir tepat waktu. Terima kasih.

5 dari 5 halaman

Contoh Memo dalam Bahasa Inggris

Contoh 4

MEMO

To: All Managers

From: Director

Date: January 12, 2017

Subject: New Project

You are expected to kindly attend the meeting on January 12, 2017 at 09 a.m. We will discuss about a new project in our company. Please be punctual. Thank you.

 

Arti:

MEMO

Kepada: Semua Manajer

Dari: Direktur

Tanggal: 12 Januari 2017

Subjek: Proyek Baru

Anda diharapkan untuk menghadiri rapat pada 12 Januari 2017, pukul 09.00. Kita akan membahas tentang sebuah proyek baru di perusahaan. Mohon datang tepat waktu. Terima kasih.

 

Sumber: Ruangseni

Yuk, baca juga artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer