Sukses


9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Pir tergolong buah yang lezat dan memiliki rasa yang manis. Di balik rasa manisnya, pir termasuk buah dengan indeks glikemik rendah yang tidak meningkatkan gula darah secara cepat.

Itulah mengapa buah pir baik dan aman dikonsumsi bahkan bagi pengidap diabetes. Rutin mengonsumsi buah pir memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena buah pir menyimpan berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah pir, kamu dapat mengonsumsi secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus atau smoothies.

Tak heran buah pir disukai banyak orang, dari anak-anak hingga lansia. Lantas, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi buah pir bagi kesehatan?

Berikut ini sembilan manfaat buah pir untuk kesehatan, dikutip dari laman pemkomedan.go.id dan kemkes.go.id, Jumat (7/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah pir dapat membantu meningkatkan stamina. Selain itu, tingginya kandungan flavonoid, vitamin K, dan tembaga dalam buah ini membantu melawan peradangan sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

2. Menjaga Kesehatan Saraf

Tembaga yang terkandung pada buah pir membantu menjaga kesehatan sel saraf. Tak hanya itu, kandungan ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kolagen, serta penyerapan zat besi.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah pir bisa dirasakan pada kulit. Buah ini mengandung vitamin C dan tembaga yang berperan penting dalam pembentukan kolagen yang memengaruhi elastisitas kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah pir merupakan sumber boron, mineral yang dapat membantu menfasilitasi penyerapan kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Mineral ini mendukung tulang dalam memperkuat efek kalsium, magnesium, dan vitamin D.

Dengan kata lain, boron yang ditemukan dalam buah pir penting dalam mendukung kesehatan tulang, bahkan membantu pengobatan osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah pir yang selanjutnya berasal dari kandungan antioksidan yang disebut prosianidin. Kandungan ini dipercaya dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Tidak hanya itu, buah pir mengandung quercetin yang berperan membantu memelihara kesehatan jantung dengan cara mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Antioksidan yang ditemukan dalam buah pir, seperti glutathione, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, antioksidan quercetin memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Suplemen yang mengandung senyawa-senyawa tersebut diketahui efektif dalam membantu pengidap yang memiliki tekanan darah tinggi. Jadi, buah pir termasuk buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar tekanan darah tetap selalu terjaga.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

7. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Mencegah terjadinya diabetes tipe 2 merupakan satu di antara manfaat dari buah pir lainnya. Ini berkat kandungan serat dalam buah pir yang dapat mencegah lonjakan gula darah serta menjaganya tetap terkontrol.

Selain itu, kandungan antosianin pada buah pir dipercaya sebagai senyawa antidiabetes dan antiradang.

8. Melawan Kanker

Buah pir mengandung antosianin dan asam sinamat, yang menjadikannya senyawa antikanker sehingga mengonsumsi buah ini dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, buah pir mengandung flavonoid, yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam penangkalan muncul berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan ovarium.

9. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi buah pir dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Asupan serat yang cukup dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan dapat mencegah sembelit.

 

Sumber: pemkomedan.go.id, kemkes.go.id

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer