Sukses


Arti Tekanan beserta Jenis dan Rumusnya

Bola.com, Jakarta - Tekanan adalah satu di antara materi dalam pelajaran fisika. Dalam fisika, tekanan diartikan sebagai besaran suatu suatu gaya per satuan luas.

Tekanan timbul sebagai akibat dari gaya tekan yang bekerja pada benda per satuan luas permukaan dengan arah yang tegak lurus.

Tekanan sangat bergantung pada besarnya gaya. Makin besar gaya yang diberikan, makin besar pula tekanan yang dihasilkan. Hal ini berartiĀ tekanan berbanding lurus dengan gaya.

Tekanan dapat digunakan sebagai untuk mengukur kekuatan zat cair maupun gas. Tekanan memiliki hubungan erat dengan volume dan suhu.

Tekanan sesuai definisinya memiliki satuan yang disebut newton per satuan luas (N/m2) atau jika secara internasional (SI) satuannya menjadi Pascal (Pa).

Rumus tekanan adalah p=F/A dengan p=tekanan (Pa), F= Gaya (N) dan A = Luas bidang (A).

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang tekanan, dilansir dari lamanĀ Rumuspintar, Jumat (7/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Tekanan

Jenis tekanan yang umum atau sering kita ketahui ada dua jenis. Tekanan yang memiliki hubungan dengan zat cair disebut tekanan hidrostatis dan tekanan yang berhubungan dengan gas disebut tekanan udara.

Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang ada pada suatu zat cair. Sesuai namanya, "hidro' berarti air, "statis" berarti diam.

Jadi, tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang berada pada air yang berkondisi diam. Tiga hal utama yang dapat memengaruhinya, yaitu:

  • Kedalaman objek pada zat cair
  • Massa jenis zat cair
  • Gaya gravitasi bumi

Tekanan Udara

Tekanan udara merupakan tekanan yang menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas. Alat yang dapat mengukur tekanan udara disebut barometer.

Tekanan udara memiliki satuan yang biasa disebut milibar (mb). Ini bedanya tekanan udara dengan tekanan hidrostatis.

Tekanan udara memiliki perbandingan terbalik dengan ketinggian suatu tempat, di mana makin tinggi tempat itu maka makin rendah tekanan udaranya.

3 dari 3 halaman

Rumus Tekanan

Rumus Tekanan Umum

p = F/A

Keterangan:

p = Tekanan (Pa)

F = Gaya (N)

A = Luas bidang (A)

Ā 

Rumus Tekanan Hidrostatis

p = Ļ g h

dimana

Ļ = massa jenis

g = gaya gravitasi (m/s2)

h = kedalaman benda dari permukaan cairan (m)

Ā 

Rumus Tekanan Udara

h = (760-x) 10

dimana

h = ketinggian suatu tempat (m)

x = tekanan tempat tersebut (mmHg)

Dari persamaan diatas skita dapat menyimpulkan dimensi secara umum tekanan yaitu M/LT2.

Ā 

Sumber:Ā Rumuspintar

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer