Sukses


8 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Rasa asam manis dan segar serta teksturnya yang renyah saat digigit membuat buah salak disukai banyak orang.

Rutin mengonsumsi buah salak ternyata menyehatkan sehingga tubuh dapat terjaga risiko terkena berbagai penyakit serius.

Manfaat buah salak diperoleh dari beragam nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, serat yang tinggi, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh semacam kalium, kalsium, fosfor, folat, serta zat besi.

Selain nutrisi di atas, senyawa kimia pada buah salak, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid tidak kalah penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang tersimpan dari buah salak?

Berikut ini delapan manfaat buah salak untuk kesehatan, sayang jika dilewatkan, dikutip dari laman Webmd dan Healthbenefitstimes, Minggu (9/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan seperti tanin, saponin, dan flavonoid pada buah salak baik untuk kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, kandungan tanin berfungsi untuk mengobati diare. Untuk mencegah sembelit, pastikan kamu memakan salak dengan kulit arinya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salak diketahui mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas yang berpotensi dapat merusak sel serta DNA tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan seperti karotenoid dan likopen.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah salak mengandung beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Kedua kandungan ini membantu mencegah cacat mata seperti rabun jauh.

Buah salak mengandung sekitar lima kali lebih banyak beta karoten dibandingkan semangka dan mangga.

4. Menurunkan Berat Badan

Buah salak bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membuat salak menjadi buah yang cocok untuk diet. Hal ini dikarenakan serat membuat kenyang dengan cepat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kadar beta-karoten, pektin, dan potasium pada buah salak dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini secara tidak langsung membantu meningkatkan kognisi dan kemampuan memori.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat buah salak lainnya adalah menjaga kadar gula darah. Hal ini dikarenakan buah salak dapat membantu mengendalikan kadar glukosa di dalam darah. Tak heran, buah ini cocok dikonsumsi pengidap diabetes, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

7. Mencerahkan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

Senyawa flavonoid dalam ekstrak buah ini juga terbukti efektif menekan produksi melanin sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar krim pemutih kulit.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Untuk meningkatkan kesehatan jantung, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti buah salak. Pasalnya, kalium berperan penting untuk menjaga irama detak jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga dapat menjaga kerja jantung tetap optimal.

 

Sumber: Webmd, Healthbenefitstimes

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer