Sukses


Bacaan Doa ketika Ada Masalah Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, masalah dan tantangan sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan kita. Terkadang, masalah yang datang bisa membuat kita merasa kewalahan, khawatir, dan putus asa.

Namun, sebagai manusia yang beriman, kita memiliki anugerah berupa doa yang bisa menjadi sumber kekuatan, ketenangan, dan harapan di tengah kesulitan.

Doa adalah sarana komunikasi langsung antara hamba dengan Sang Pencipta. Dalam doa, kita dapat menyampaikan kekhawatiran, keinginan, dan harapan kita kepada Allah Swt.

Saat menghadapi masalah, doa adalah alat yang ampuh untuk meredakan kegelisahan, memohon petunjuk, dan mencari solusi yang terbaik. Doa juga merupakan bentuk ibadah yang dapat meningkatkan ikatan spiritual kita dengan Tuhan.

Berikut bacaan doa ketika ada masalah yang lengkap beserta artinya, disadur dari Dream, Senin (10/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Ada Masalah

1. Doa ketika Ada Masalah yang Sulit agar Segera Dapat Solusinya 

Kadar masalah yang sulit akan menyita waktu dan pikiran. Hati resah karena ingin semuanya segera berakhir. Dalam kondisi ini, kamu perlu memohon kepada Allah Swt. dan mendekatkan diri kepada-Nya agar mendapatkan solusi terbaik yang bisa menuntaskan masalah.

Allahumma lakal hamdu wa ilaikal musytaka wa antal musta'an wa laa haula wa la quwwata illa billahil 'adhim

Artinya:

"Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu, hanya kepada-Mulah kami mengadu, dan hanya kepada-Mulah kami memohon pertolongan. Tiada daya (untuk menghindari maksiat) dan tiada kekuatan (untuk taat), kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung."

 

2. Doa ketika Ada Masalah dan Sulit Menemukan Jalan Keluarnya 

Ketika menghadapi masalah rumit, kita tentu membutuhkan banyak waktu dan menyedot pikiran serta perasaan. Kita berupaya keras agar masalah bisa cepat selesai. Namun, sekeras apa pun usaha itu, terkadang jalan keluar belum juga ditemukan.

Ketika menghadapi masalah semacam ini, dianjurkan membaca doa, satu di antaranya dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Kahfi ayat 10.

Rabbana atina min ladunka rahmataw-wahayyi' lana min amrina rasyada.

Artinya:

"Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Ada Masalah

3. Doa ketika Ada Masalah agar Hati Tenang 

Banyak doa untuk menenangkan hati saat ada masalah. Membaca Al-Quran sangat dianjurkan untuk menenangkan hati yang sedang sedih ditimpa musibah.

Satu di antara doa ketika ada masalah agar hati tenang dikutip dari surah Al-Baqarah ayat 250. Doa penenang hati ini juga pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut sehingga kini ayat tersebut dijadikan doa penenang hati ketika ada masalah.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4. oa Ketika Ada Masalah Agar Hati Lapang 

Selainjutnya, bacaan doa ketika ada masalah, juga dikutip dari surah Thaha ayat 25-28. Bahkan doa penenang hati ketika ada masalah yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa ketika menghadapi Raja Fir'aun. Berikut bacaan doanya:

Rabbish-rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Ada Masalah

5. Doa Ketika Ada Masalah Penghilang Kesedihan 

Kekuatan doa memang tidak diragukan lagi. Jika kamu yakin dengan doa yang kamu panjatkan maka Allah pasti akan mengabulkannya.

Tuhan adalah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Maka itu, berprasangka baiklah kepada Allah, bahkan ketika kamu sedang menghadapi suatu masalah.

Selain doa-doa di atas, umat islam dapat membaca doa ketika ada masalah berikut ini:

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatika, naashiyatii biyafika, maadlin fi hukmika, adlun fi qadlaika, as-aluka bikulli ismin huwa laka sammaita bihi nafsaka, aw anzaltahu fi kitabika, aw ‘allamtahu ahadan min khalqika, awis ta’tsarta bihi fi ‘ilmil ghaibi ‘indaka, an-taj’ala qur-ana rabi’a qalbi wanuura shadri wajalaa’a huzni wa dzahaba hammi.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu agar engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 21/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer