Sukses


8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Semangka menjadi satu di antara buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Di balik rasanya, buah semangka juga mengandung banyak nutrisi penting bisa mengoptimalkan kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa buah semangka mengandung berbagai macam vitamin, asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium.

Selain itu, buah semangka mengandung senyawa fitokimia seperti likopen dan citrulline, yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah semangka diketahui juga mengandung gula dengan jumlahnya relatif rendah daripada buah-buahan lain. 100 gram semangka mengandung sekitar enam gram gula.

Meski begitu, penting untuk mengonsumsi buah semangka dalam porsi yang seimbang. Lantas, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi buah semangka bagi kesehatan?

Berikut ini delapan manfaat buah semangka untuk kesehatan, dikutip dari laman Healthline dan Clevelandclinic, Selasa (11/7/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Buah semangka mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah lemak jenuh sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Asma

Manfaat buah semangka yang kedua yaitu mencegah penyakit asma mencegah tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma.

Kandungan vitamin C nya yang tinggi secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah semangka mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada buah ini mengoptimalkan kesehatan sel pada mata.

Selain itu, antioksidan pada buah semangka mampu melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula. Kandungan air pada buah semangka pun mampu menghidrasi mata sehingga menjaga kelembapan mata.

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan citrulline buah semangka mampu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat berperan membantu melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

5. Mengatasi Sembelit

Semangka memiliki kandungan serta dan air yang tinggi sehingga buah ini bisa mengatasi masalah sembelit, terutama yang disebabkan karena kekurangan serat larut dalam usus.

Serat yang terdapat dalam buah semangka dapat membentuk gel alami pada usus besar. Ini berpengaruh pada kelancaran penyerapan nutrisi dan buang air besar.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah semangka mengandung senyawa antioksidan dan lycopene yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lycopene dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain itu, buah semagka mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

7. Menangkal Kanker

Buah semangka mengandung sumber vitamin C dan zat likopen. Keduanya penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

Buah ini bisa menjadi sumber antioksidan yang tinggi dan baik untuk pengidap kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya.

8. Memelihara Kesehatan Tulang

Buah semangka juga efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis. Likopen dalam semangka bisa mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.

 

Sumber: Healthline, Clevelandclinic

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer