Sukses


8 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Sirsak (Annona muricata) adalah buah yang banyak ditemukan di negara beriklim tropis, seperti Indonesia.

Di Indonesia, buah sirsak kerap diolah menjadi beragam jenis kuliner, seperti es buah, jus, puding, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan sirsak buah sirsak memiliki rasa asam dan manis, dagingnya kenyal, berwarna putih, dan menyegarkan.

Selain nikmat untuk disantap, buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebab, di dalam buah sirsak memiliki kandungan vitamin C, kalsium, vitamin B, kalium, serat, protein dan beragam nutrisi yang lainnya.

Tahukah kamu bahwa manfaat buah sirsak tidak hanya terdapat pada daging, tetapi juga daun serta akar memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Tak heran buah sirsak kerap digunakan sebagai obat tradisional.

Lantas, apa saja manfaat yang perlu diketahui dari mengonsumsi buah sirsak bagi kesehatan?

Berikut ini delapan manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang luar biasa, dikutip dari Medicalnewstoday dan Healthline, Rabu (12/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

1. Lancarkan Pencernaan

Buah sirsak mengandung sekitar 83 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, sifat antivirus dan antiparasit dalam buah sirsak mampu mencegah cacingan dan parasit yang menyusup ke saluran pencernaan sehingga mengonsumsi buah ini baik untuk menjaga sistem pencernaan.

2. Menangkal Kanker

Buah sirsak berkhasiat menjaga tubuh dari serangan penyakit kanker. Menurut penyelitian, buah ini mengandung turunan asam lemak yang disebut annonaceous acetogenins.

Senyawa ini dapat dikaitkan sebagai pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor. Selain itu, dalam buah asam manis ini terdapat kandungan vitamin C dan sifat antioksidan.

Buah sirsak dapat dipakai sebagai alternatif untuk pengobatan kanker. Mengonsumsi buah ini dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

3. Mencegah Peradangan

Radang merupakan satu di antara penyakit yang ditandai adanya infeksi serta iritasi, seperti lebam, nyeri hingga memar.

Buah sirsak diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya baik untuk meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat (gout), hipertensi, dan arthritis.

Mengonsumsi buah sirsak bisa menjadi alternatif mengurangi rasa sakit peradangan.

4. Mengatasi Asam Urat

Kandungan acetigenin dalam buah sirsak bermanfaat mengatasi asam urat. Kamu bisa mengonsumsi buah sirsak secara rutin setiap dua kali sehari, di pagi dan sore hari.

Buah sirsak juga dapat mengatasi penyakit rematik. Buah ini menjadi satu di antara obat alami untuk meredakan nyeri saraf, sendi, dan otot.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

5. Merdekan Sesak Napas

Buah sirsak memiliki sifat espektoran yang berfungsi meredakan sesak napas. Kandungan asam askrobat juga dapat membantu mencegah radikal bebas dan infeksi.

Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, kamu dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain itu, buah ini bisa diandalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir, di mana banyak patogen/virus dapat hidup.

Minum air rebusan buah sirsak dipercaya bisa membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

6. Menghilangkan Stres

Selama berabad-abad, buah sirsak yang diolah menjadi teh dipercaya mampu menghilangkan stres. Buah ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membuat seseorang merasa tenang.

Mengonsumsi buah sirsak baik untuk ketika kamu mengalami stres berlebihan dan kecemasan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah sirsak mengandung vitamin A, vitamin E, serta betakaroten yang dapat mengurangi risiko penyakit mata. Ketiga kandungan itu dapat mengurangi stres oksidatif yang memicu katarak dan degenerasi makula terkait usia.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Terdapat kandungan vitamin C dan sifat antioksidan di dalam buah sirsak sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, buah sirsak dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.

Vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang ada di dalam buah sirsak dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Diketahui kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

 

Sumber: Medicalnewstoday, Healthline

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer