Sukses


8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah anggur sering menjadi pilihan favorit dalam berbagai macam hidangan. Sebab, anggur tergolong buah yang lezat, segar, dan memiliki rasa yang manis.

Tak heran membuat buah anggur disukai banyak orang. Di sisi lain, rutin mengonsumsi buah anggur ternyata dapat menjaga kesehatan.

Seperti diketahui, menjaga kesehatan adalah wajib hukumnya untuk terhindar dari berbagai macam penyakit agar kita dapat tetap menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah anggur, kamu dapat mengonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, jelly, selai, dan bentuk olahan lainnya.

Manfaat buah anggur tak lepas dari beragam kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, K, kalsium, zat besi, potasium, serat, dan karbohidrat.

Selain itu, buah anggur merupakan sumber asam fenolik, flavonoid, dan resveratrol yang baik, hal ini telah diakui memiliki efek positif terhadap kesehatan.

Berikut ini delapan manfaat buah anggur untuk kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari laman Clevelandclinic dan Webmd, Kamis (13/7/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah anggur bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah anggur tinggi kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mengandung vitamin C dan A, buah anggur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui sifat antimikroba alaminya. Secangkir ekstrak buah anggur memberi pasokan 71 gram air, yang penting untuk hidrasi dan aliran darah yang sehat, serta untuk membuang limbah tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif sehingga memperlambat penuaan, meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, misalnya pada penyakit Alzheimer.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam buah anggur cukup untuk membantu keteraturan kerja usus. Selain itu, kandungan polifenol bekerja untuk mengubah bakteri usus secara positif dengan cara yang bermanfaat untuk kesehatan.

Hal ini termasuk berkembangnya mikroba yang berkaitan dengan kekebalan dan suasana hati yang positif.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat anggur merah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencegah penyakit jantung. Pasalnya, buah anggur merah mengandung potasium dalam jumlah banyak sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu sering mengalami susah tidur alias insomnia? Kalau iya, satu di antara cara alami untuk mengatasinya adalah dengan makan buah anggur.

Menurut penelitian, kandungan melatonin pada buah anggur cukup untuk membantu kamu bisa tidur dengan lelap di malam hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

7. Melawan Penuaan Dini

Selain resveratol, buah anggur kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Kerusakan sel ini yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Buah anggur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata.

Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gawai dan membantu melindungi sel-sel mata.

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia.

 

Sumber: Clevelandclinic, Webmd

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer