Sukses


8 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah melon sering kali dijadikan sebagai makanan selingan atau penutup. Hal ini karena buah melon memiliki rasanya yang manis dan segar sehingga banyak digemari orang.

Di balik rasanya, buah melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya, manfaat buah melon bagi kesehatan tidak banyak diketahui orang. Padahal, manfaat buah melon bagi kesehatan sudah terbukti secara klinis.

Adapun manfaat buah melon bagi kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut seperti kalium, asam folat, protein, vitamin, betakaroten, magnesium, dan masih banyak lagi.

Melon juga tergolong buah yang rendah kalori dan lemak sehingga cocok dijadikan menu untuk diet.

Lantas, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi buah melon bagi kesehatan?

Berikut ini delapan manfaat buah melon untuk kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari laman Healthline dan Medicalnewstoday, Jumat (14/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

1. Mencegah Hidrasi 

Buah melon mengandung banyak air yang bermanfaat untuk mencegah hidrasi. Pasalnya, buah melon mengandung sekitar 90 persen air dan mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon bagus untuk menghidrasi setelah berolahraga, selama sakit, atau jika kamu hanya mencoba untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon kaya vitamin A sehingga bisa mencegah katarak, degenerasi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi, dan menjaga kesehatan mata lainnya.

Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun pada usia dini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

3. Memperkuat Sistem Imun dan Mencegah Infeksi

Melon termasuk buah dengan vitamin C yang bermanfaat bagi imun tubuh. Vitamin C mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel tertentu untuk memakan bakteri.

Vitamin C juga memperkuat sel imun yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan selama melawan kuman. Agar sistem imun kamu lebih kuat dan tubuh senantiasa terlindungi dari infeksi, makanlah setidaknya satu potong melon setiap hari.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah melon dipercaya dapat memperlancar aliran darah di sekitar organ jantung. Kandungan adenosine yang ada dalam buah melon bisa mencegah penyakit jantung dengan signifikan.

Rutin mengonsumsi buah melon mampu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kerja jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

5. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat buah melon yang kelima bagi kesehatan adalah dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.Melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, hal tersebut dapat membantu kamu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

6. Baik untuk Pencernaan

Buah melon dapat menjadi solusi bagi kamu yang susah buang air besar. Manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon.

Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tetapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

7. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah melon juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Buah melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Buah melon mengandung vitamin B6 yang membantu merangsang pembentukan serotonin. Serotonin yaitu zat kimia otak dengan banyak fungsi, seperti membuat mood stabil, menimbulkan rasa bahagia, dan membuatmu tidur lebih nyenyak.

Vitamin B6 juga memicu produksi melatonin, hormon yang membuatmu mengantuk pada malam hari. Jadi, jika kamu memiliki masalah tidur, mungkin kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa potong melon sebelum memilih untuk minum obat tidur.

 

Sumber: Healthline, Medicalnewstoday

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer