Sukses


Deretan Prestasi Aldila Sutjiadi, Terbaru 4 Besar Wimbledon 2023

Bola.com, Jakarta - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, telah mencetak sejarah. Aldila menapakkan kakiknya di semifinal ganda campuran Wimbledon 2023.

Pada Wimbledon 2023, Aldila berpasangan dengan petenis putra asal Belanda, Matwe Middelkoop. Mereka mengalahkan pasangan Marta Kostyuk/Marcelo Arevalo dengan skor 7-5, 7-6 (7-5) di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris.

Sayangnya, Aldila/Middelkoop kandas di empat besar, kalah dari Xu Yifan dari China dan Joran Vliegen dari Belgia dengan skor 1-6, 6-3, dan 3-6.

Meski terhenti di semifinal, Aldila Sutjiadi selangkah demi selangkah menapaki prestasi tertinggi.

Atlet berusia 28 tahun itu pun melewati pencapaian legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki, yang menembus perempat final Wimbledon 1997 nomor tunggal putri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Atlet Pertama dari Indonesia

Ini menjadi kali pertama bagi Aldila Sutjiadi bisa melangkah hingga ke babak empat besar di Wimbledon. Ia menjadi satu-satunya petenis asal Indonesia yang mampu hingga ke Semifinal Wimbledon 2023.

Saat ini, Aldila berada di peringkat ke-32 WTA untuk nomor ganda dengan 2.160 poin. Ia akan mendapat tambahan 780 poin setelah menembus semifinal dan diprediksi akan melesat ke posisi 30.

 

3 dari 5 halaman

Back to Back

Aldila Sutjiadi dan Matwe Middelkoop berhasil membuat catatan back to back ke semifinal turnamen grand slam. Keduanya juga berhasil menembus semifinal France Open 2023.

Selain berpasangan dengan Matwe Middlekoop, Aldila Sutjiadi juga beberapa kali berpasangan dengan petenis asal negara lain, seperti Miyu Kato dari Jepang dan Erin Routliffe asal Selandia Baru.

4 dari 5 halaman

3 Gelar WTA

Aldila telah mengantongi tiga gelar WTA. Yang pertama pada Copa Colsanitas 2022. Kemudian Auckland Open 2023 berpasangan dengan Miyu Kato. Lalu yang terakhir, ialah ATX Open 2023 berpasangan dengan petenis Selandia Baru, erin routliffe.

5 dari 5 halaman

SEA Games dan Asian Games

Selain ajang perorangan, Aldila juga menjadi andalan Indonesia dalam multievent. 

Ia sudah mengantongi lima medali emas SEA Games sejak edisi Filipina tahun 2019. Aldila bermain di nomor tunggal, ganda campuran, dan beregu.

Selain itu, Aldila juga mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 di Jakarta dari nomor ganda campuran bersama Christopher Rungkat

Video Populer

Foto Populer