Sukses


8 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah berwarna hijau yang memiliki rasa pahit. Kendati begitu, buah mengkudu telah lama dikenal dan digunakan banyak orang sebagai tanaman atau obat herbal.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan buah mengkudu untuk mengobati berbagai penyakit. Hal ini berkat kandungan nutrisi dalam buah mengkudu yang beragam.

Di dalam buah mengkudu terkandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, gula, vitamin, biotin, folat, magnesium, kalium, dan kalsium.

Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Lantas, kira-kira apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan?

Berikut ini delapan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari laman Verywellfit dan Medicalnewstoday, Senin (17/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi

Selama ribuan tahun, buah mengkudu telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Buah ini diyakini dapat meningkatkan energi dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan vitamin C, buah mengkudu mengandung fitokimia dan antioksidan lain yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Tingkat antioksidan yang tinggi dalamnya dapat membantu memodulasi dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

3. Meredakan Nyeri Sendi

Buah mengkudu memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit di persendian, termasuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak.

Tak heran, buah mengkudu banyak digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

4. Menurunkan Risiko Asam Urat

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Buah mengkudu juga dipercaya dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah sehingga menurunkan risiko asam urat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

5. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah mengkudu lainnya adalah menurunkan risiko kanker. Pasalnya, buah mengkudu kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan terjadinya berbagai penyakit, termasuk kanker.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Manfaat ini diduga berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

Namun,  kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah mengkudu saja. Lakukan olahraga rutin dan jalani diet sehat akan lebih efektif menjaga berat badan ideal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah mengkudu juga dapat melindungi kesehatan jantung. Buah mengkudu menunjukkan efek positif dalam melindungi kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah di arteri.

Ini juga membantu dalam mengatur tekanan darah yang pasti membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Orang yang mengonsumsi buah mengkudu secara rutin menunjukkan peningkatan profil lipid, penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL).

8. Melembapkan Kulit

Buah mengkudu kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan kulit. Jika digunakan sebagai lulur, buah mengkudu dapat membantu melembapkan kulit dan menutrisinya. Ini bisa jadi satu di antara solusi alami untuk kulit kering.

 

Sumber: Verywellfit, Medicalnewstoday

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer