Sukses


8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah manggis atau Garcinia mangostana diminati oleh banyak orang karena rasanya yang manis, asam, dan menyegarkan.

Tak hanya lezat dimakan, buah manggis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah dengan kulit berwarna ungu ini berasal dari kandungan nutrisi yang luar biasa.

Kandungan tersebut seperti itamin B2, vitamin C, serat, folat, magnesium, kalsium, dan xanthones, yang diduga berperan sebagai senyawa antioksidan serta antiradang.

Manggis juga tergolong buah yang rendah kalori dan lemak sehingga cocok dijadikan menu untuk diet.

Tak heran, buah manggis telah lama dikenal dan digunakan masyarakat Indonesia sebagai tanaman atau obat herbal tradisional.

Berikut ini delapan manfaat buah manggis untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh, dikutip dari laman Mayoclinic dan Healthline, Selasa (18/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan xanthone dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam tubuh, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan xanthone dalam buah manggis ternyata ditemukan tidak hanya untuk antikanker saja, tetapi juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak buah manggis setiap harinya mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan.

Seperti diketahui, resistensi insulin adalah satu di antara penyebab utama terjadinya diabetes.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

3. Meredakan Radang Sendi

Kandungan xanthones dalam buah manggis yang juga berfungsi sebagai antiradang, yang turut mengurangi rasa sakit akibat peradangan dalam tubuh, misalnya nyeri akibat radang sendi.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah manggis diyakini mendukung penyembuhan radang sendi.

4. Kesehatan Otak

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis dapat membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak, dan meningkatkan gejala depresi.

Namun, masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat kesehatan buah manggis untuk kesehatan otak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah manggis lainnya adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin C, dan kalium. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah manggis secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang dapat berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah manggis rendah kalori dan mengandung serat sehingga dapat membantu merasa kenyang lebih lama dengan porsi yang lebih sedikit.

Selain itu, kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam buah manggis dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih efisien.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

7. Mencegah Penyakit Kanker

Selain manfaat-manfaat di atas, manfaat buah manggis lainnya yang terkenal adalah untuk mencegah penyakit kanker.

Senyawa xanthones dalam buah manggis diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Meski telah dilakukan sejumlah penelitian mengenai manfaat buah manggis ini, hasilnya pada manusia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek buah manggis sebagai pencegah kanker pada manusia.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya melawan penyakit, efek antioksidan dan antibakteri pada buah manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa seseorang yang mengonsumsi ekstrak buah manggis 100 mg setiap hari memiliki elastisitas kulit yang lebih baik.

 

Sumber: Mayoclinic, Healthline

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer