Sukses


8 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kelengkeng atau Dimocarpus longan Lour merupakan satu di antara buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebab, buah kelengkeng memiliki rasa yang manis.

Selain rasanya yang lezat, buah kelengkeng menawarkan sederet manfaat untuk kesehatan.

Beragam manfaat buah kelengkeng diperoleh dari berbagai nutrisi, seperti serat, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, kalium, serta antioksidan polifenol dan flavonoid.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah kelengkeng, kamu dapat mengonsumsi secara langsung atau diolah menjadi es buah, jus, puding, dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi buah kelengkeng bagi kesehatan?

Berikut ini delapan manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, dikutip dari laman Verywellfit dan Healthline, Jumat (21/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kelengkeng bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah sehingga kamu bisa terhindar dari anemia.

Selain itu, kandungan zat besi dalam buah kelengkeng dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi.

2. Meningkatkan  Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng juga bisa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan vitamin C ini bisa berperan sebagai antioksidan yang akan membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri, yang merupakan penyebab dari berbagai penyakit jantung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi kamu yang mengidap insomnia, sebaiknya mencoba mengkonsumsi buah kelengkeng. Pasalnya, buah kelengkeng mampu menurunkan kecemasan dan sering digunakan obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Melawan Radikal Bebas

Kelengkeng merupakan satu di antara buah yang kaya akan kandungan asam galat dan asam elagat. Keduanya adalah antioksidan yang berperan penting untuk melawan radikal bebas pada tubuh.

Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dapat memicu kerusakan penyakit dan timbulnya penyakit. Sebuah penelitian pada 2012 menyebutkan bahwa ekstrak kelengkeng dapat mengurangi peradangan akibat radikal bebas.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

5. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Di dalam tubuh, sistem saraf berfungsi untuk menerima, mengolah, dan mengirimkan stimulasi atau rangsangan dari semua organ.

Kandungan antioksidan di dalam buah kelengkeng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat memengaruhi fungsi sistem saraf.

6. Menjaga Berat Badan

Manfaat buah kelengkeng bagi tubuh yang keenam adalah menjaga berat badan. Dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya, buah ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah kamu makan berlebihan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain itu, buah kelengkeng bisa kamu jadikan sebagai menu diet sehat sehari-hari. Sebab, buah ini tergolong rendah kalori. Di dalam 100 gram buah kelengkeng, hanya terdapat sekitar 200 kalori.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

7. Memperkuat Tulang

Buah ini mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang berperan penting untuk mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang.

Sebuah penelitian pada 2015 menyatakan bahwa fosfor dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan.

Mineral tersebut membantu meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Lansia juga bisa mendapatkan manfaat dari buah kelengkeng karena buah ini membantu mencegah penyakit parkinson dan melindungi otak dari berbagai ancaman kerusakan.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa kandungan polisakarida dari buah ini bisa mengurangi kerusakan otak pada pengidap stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak.

 

Sumber: Verywellfit, Healthline

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer