Sukses


4 Dampak Positif Menangis yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Menangis merupakan reaksi alami yang terjadi saat manusia merasakan sedih. Tak hanya saat sedih, menangis bisa terjadi saat kita merasa bahagia.

Dengan kata lain, menangis adalah cara seseorang untuk mengekspresikan emosi. Menangis sangat wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan.

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa perempuan lebih sering menangis daripada laki-laki. Pasti kamu pernah menangis, baik di kamar atau kamar mandi.

Di samping itu, menangis tidak selalu membuat dirimu lemah, sebaliknya bisa memberikan dampak positif bagi tubuh dan pikiranmu.

Berikut ini empat  dampak positif menangis yang jarang diketahui, dikutip dari laman Lifehack dan Thehealthy, Jumat (21/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Memperbaiki Penglihatan

Dengan menangis, matamu akan mendapatkan kelembapan dari air matamu yang membuat matamu tidak akan dehidrasi. Selain itu, air matamu dapat menghilangkan debu dan kotoran yang berpotensi membuat matamu iritasi.

3 dari 5 halaman

Meredakan Stres

Dengan menangis, kamu bisa meluapkan emosimu sementara dengan menangis sepuasnya. Ketika telah selesai menangis, kamu dapat sadar kembali dengan keadaan yang sedikit lebih lega dibanding sebelumnya.

Maka itu, penelitian kesehatan mental menyatakan bahwa jangan pernah menahan tangisan karena dapat membuatmu stres atau depresi.

4 dari 5 halaman

Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Dengan menangis dapat membantu melepaskan endorfin dan oksitosin. Zat kimia ini bisa membuat orang merasa baik dan dapat membantu seseorang menanggung rasa sakit emosional dan fisik.

Setelah endorfin dilepaskan, tubuhmu mungkin mengalami sedikit mati rasa. Oksitosin dapat memberi kamu perasaan tenang atau sejahtera.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Mood Baik

Saat menangis, kamu akan menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otakmu.

Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran kamu daripada otak yang hangat. Akibatnya, suasana hatimu mungkin membaik setelah menangis.

 

Sumber: Lifehack, Thehealthy

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer