Sukses


9 Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Bola.com, Jakarta - Rasa kantuk mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dari berbagai aktivitas atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Mengalami kantuk merupakan hal yang alami bagi manusia. Rasa kantuk dapat disebabkan oleh banyak hal dan bisa muncul kapan saja.

Terkadang kantuk dapat menyerang seseorang di saat sedang sibuk bekerja, terutama di siang hari. Apakah kamu pernah mengalami rasa kantuk saat berkeja?

Dilanda kantuk bisa membuat pekerjaan yang sedang dilakukan menjadi berantakan dan tidak maksimal.

Jika sudah demikian, kamu bisa menyimak beberapa cara untuk menghilangkan kantuk saat bekerja pada artikel ini, yang lantas dapat kamu terapkan.

Berikut ini sembilan cara ampuh menghilangkan kantuk saat bekerja, dikutip dari laman bengkaliskab.go.id dan indonesiabaik.id, Minggu (30/7/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

1. Berjalanlah Sejenak

Terlalu lama duduk di meja kerja akan menyebabkan rasa bosan dan kantuk, yang tidak baik bagi kesehatan. Solusinya, berjalan-jalanlah selama beberapa menit untuk membuang rasa mengantuk tersebut.

2. Tidur Siang

Mempraktikkan tidur siang selama kurang lebih beberapa menit terbukti dapat menghilangkan rasa kantuk saat bekerja atau menjalankan aktivitas lainnya.

3. Jangan Bekerja dengan Pencahayaan Redup

Membuat ruang kerja lebih terang menjadi satu di antara alternatif untuk meningkatkan produktivitas kerja. Hal ini dipercaya berdampak positif untuk mengatasi rasa kantuk yang mendera.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

4. Istirahatkan Mata

Terlalu lama menatap layar monitor dapat meningkatkan kebosanan, merusak organ mata serta mudah mengantuk. Solusinya, istirahatkan mata selama beberapa menit setelah menatap layar monitor.

5. Sediakan Camilan Sehat

Makan buah-buahan di sela-sela rutinitas kerja merupakan solusi yang terbukti efektif untuk mengusir rasa kantuk. Hal ini dikarenakan, buah merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan serat untuk menutrisi tubuh dan mampu menghindarkan kamu dari kelelahan dan rasa kantuk.

6. Stop Makanan Berlemak Tinggi

Usahakan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi saat sarapan pagi maupun makan siang. Makanan berlemak tinggi berkaitan dengan seringnya seseorang merasa cepat lelah serta mengantuk.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

7. Berhenti Bergadang Larut Malam

Kondisi ini merupakan satu di antara penyebab utama banyak orang sering dilanda kantuk. Tidur lebih awal atau tidur cukup pada malam hari merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rasa kantuk saat memluai aktivitas harian.

8. Minum Kopi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa minum kopi adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan kantuk. Hal itu karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Namun, mengonsumsi kopi secara berlebihan membuatmu sulit tidur pada malam hari. Maka minum secukupnya saja agar kamu tetap merasakan manfaatnya.

Jika kamu tidak menyukai kopi, masih ada minuman lainnya yang dapat menghilangkan kantukmu, yaitu teh hijau. Sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein di dalamnya. Secangkir teh hijau mengandung 30-50 miligram kafein.

9. Mencuci Muka dengan Air Dingin

Cara sederhana untuk menghilangkan kantuk ketika bekerja adalah mencuci muka. Cobalah untuk ke kamar mandi dan membasuh muka dengan air dingin, cara yang sederhana ini mampu untuk mengusir rasa kantuk.

 

Sumber: bengkaliskab.go.id, indonesiabaik.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer