Sukses


Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Dikumandangkannya teks proklamasi merupakan peristiwa besar dalam sejarah negara Indonesia.

Pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Soekarno menjadi tonggak bahwa negara Indonesia telah merdeka. Merdeka dari penjajahan bangsa-bangsa Eropa dan negara Jepang dalam waktu sangat panjang.

Sebagai rakyat Indonesia, kita perlu mengetehaui bunyi teks proklamasi dalam menyambut perayaan hari kemerdekaan HUT RI pada 17 Agustus.

Teks proklamasi kemerdekan Indonesia dirumuskan oleh tiga tokoh nasional, yaitu Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo. Lalu ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan diketik oleh Sayuti Melik.

Perumusan dan penandatangan teks proklamasi kemerdekan Indonesia di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Sekarang tempat itu menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, tepatnya di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Bunyi teks proklamasi kemerdekan Indonesia memuat identitas bangsa dan tujuan bangsa.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini bunyi teks proklamasi kemerdekan Indonesia yang wajib diketahui seluruh rakyat Indonesia, dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Senin (31/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

TEKS P R O K L A M A S I

 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.

 

Soekarno/Hatta.

 

Sumber: kemdikbud.go.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer