Sukses


5 Contoh Teks Ulasan Lagu yang Bisa Jadi Bahan Belajar

Bola.com, Jakarta - Teks ulasan atau disebut resensi merupakan jenis teks yang mengupas serta menilai suatu karya. Teks tersebut biasanya dijadikan sebagai tolok ukur untuk meningkatkan sebuah karya kepada pembaca.

Fungsi teks ulasan untuk memberikan informasi kepada khalayak bagaimana standar kelayakan suatu karya karena dalam teks ulasan memaparkan kelebihan dan kekurangan.

Selain itu, teks ulasan berfungsi sebagai pengantar bagi para penikmat suatu karya. Harapannya dengan adanya teks ulasan seseorang bisa menikmati suatu karya dan turut mengapresiasinya.

Ketika kamu ingin mengulas suatu karya, kamu harus bersikap kritis dan objektif agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya yang dijadikan ulasan.

Teks ulasan ditulis dalam bentuk artikel. Adapun satu di antara karya yang bisa diulas adalah lagu.

Untuk memudahkanmu dalam memahami lagu yang ingin didengar, kamu bisa menyimak contoh-contoh teks ulasan lagu di bawah ini.

Berikut ini lima contoh teks ulasan lagu yang bisa jadi bahan belajar, dikutip dari laman Ukulele dan Sudutnusantara, Selasa (1/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu 1

- Identitas

  • Judul: Dia
  • Penyanyi: Anji
  • Pencipta: Fredy
  • Label: MyMusic Recoreds
  • Rilis: 12 April 2016
  • Genre: Pop
  • Durasi: 3 menit 27 detik

- Orientasi

Cinta yang romantis, itulah sesuatu yang bisa ditangkap dari lagu Dia yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Anji. Lagu yang dirilis pada April 2016 ini mengusung aliran atau genre musik pop serta melibatkan partisipasi dari dua anggota band Govinda, yaitu Jeje dan Ade.

- Sinopsis

Lirik-lirik yang terkandung dalam lagu Dia mengantarkan pendengar pada seseorang yang sungguh-sungguh diinginkan. Lagu ini menggambarkan betapa dalamnya cinta seseorang hingga dia memohon kepada Tuhan supaya mengukuhkan hati penyanyi agar lebih mencintainya lagi.

- Analisis

Satu di antara lagu bertemakan cinta ini memiliki lirik-lirik yang mudah diingat dan nada yang indah.

- Simpulan

Secara umum, lagu berjudul Dia cocok untuk orang yang sedang dimabuk cinta dan mengingatkan pendengar kepada Tuhan yang sudah mempertemukannya kepada orang yang dicintainya.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu 2

- Identitas

  • Judul: Shape of You
  • Penyanyi: Ed Sheeran
  • Genre: Pop
  • Rilis: 6 Januari 2017
  • Label: Atlantic Records
  • Durasi: 3:54
  • Produser: Steve Mac

- Orientasi

"Shape of You" adalah lagu pop dari penyanyi dan penulis lagu Inggris, Ed Sheeran. Lagu ini dirilis pada Januari 2017 dan menjadi satu di antara lagu terpopuler dari album "÷". Lagu ini memiliki tempo yang cepat dan vokal yang energik yang langsung membuat pendengarnya merasa bersemangat.

- Sinopsis

Lirik lagu Shape of You mengandung cerita cinta seseorang pada orang yang ia temui di sebuah bar. Namun, cerita ini tidak seklise seperti itu. Lirik dari lagu ini juga membahas tentang kepercayaan diri dan kepuasan dalam diri sendiri. Lirik 'The club isn’t the best place to find a lover so the bar is where I go' menunjukkan bahwa seseorang bisa menemukan cinta di tempat yang tidak terduga.

- Analisis

Secara musikal, Shape of You terpengaruh dari musik elektronik dan dancehall yang membuat lagu ini terdengar modern. Melodi yang diulang-ulang dan beat yang kuat membuat lagu ini sangat mudah diingat.

- Simpulan

Secara keseluruhan, Shape of You merupakan lagu yang populer dan menyenangkan untuk didengarkan. Liriknya yang sederhana, tapi unik membuat lagu ini bisa diterjemahkan dengan berbagai cara.

Secara musikal, lagu ini memiliki vibes energik dan modern yang membuatnya mudah dinikmati oleh pendengar dari berbagai usia.

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu 3

- Identitas

  • Judul: Tak Ingin Usai
  • Penyanyi: Keisya Levronka
  • Ciptaan: Mario Gerardus Klau
  • Produser: Tohpati

- Orientasi

Lagu ini pernah viral di media sosial sebagai latar musik untuk video pemberitaan tenggelamnya putra Ridwan Kamil di Swiss. Lagu ini juga dikenal dengan lagu dengan nada yang sangat tinggi untuk di bagian tengahnya.

- Sinopsis

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang tidak ingin melepaskan seseorang yang dicintainya. Ia merasa tidak siap untuk melepaskan perasaan itu. Dalam lagu itu, diceritakan ia masih menunggu orang yang diharapkannya tersebut.

- Analisis

Lagu berjudul Tak Ingin Usai menyuguhkan lirik yang sangat menyentuh. Keisya Levronka berhasil menyampaikan pesan lirik dengan jelas dan mendalam. Liriknya mudah untuk dipahami oleh setiap orang. Lagu ini juga menyuguhkan vokal yang luar biasa dari Keisya Levronka. Suaranya khas dan sangat cocok dengan lagu ini. Dia berhasil menyampaikan perasaan yang dalam dengan vokalnya yang sangat menyentuh. Aransemen musiknya juga sangat pas dan bisa menyempurnakan lagu ini.

- Simpulan

Secara keseluruhan, lagu berjudul Tak Ingin Usai yang dinyanyikan Keisya Levronka sangat direkomendasikan. Lagu ini menyuguhkan lirik yang dalam, vokal yang luar biasa dan aransemen musik yang sangat pas. Lagu ini akan menyentuh hati setiap orang yang mendengarkannya.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu 4

- Identitas

  • Judul: Where The Sea Sleeps
  • Penulis: Young K
  • Rilis: 31 Agustus 2020

- Orientasi

Where the sea sleeps adalah tittle track pada album even of day band Day6. Band yang bernaung di JYP Ent ini telah merilis album baru. Namun, tidak semua personil berpartisipasi pada lagu ini, hanya Wonpil, Young K, dan Dowoon.

- Sinopsis

Lagu ini bercerita tentang kisah untuk selalu bersama. Meski sesulit apa pun keadaannya tetap bersama-sama dalam menghadapinya.

Lirik yang ditulis oleh Young K ini mengandung makna yang dalam akan kebersamaan dalam keadaan apa pun. Lagu ini bisa dilihat dari sudut pandang mana pun, tidak hanya romansa, tetapi juga bisa dilihat dari sudut pandang teman.

- Analisis

Lagu ini memiliki aransemen lagu yang enak didengar. Lagu ini juga membuktikan bahwa untuk mendapatkan kekuatan lewat lagu, tidak harus bergenre yang rock ataupun lagu dengan instrumen musik lengkap.

Namun, dengan alunan musik yang lembut dengan lirik yang mendalam pendengar bisa menemukan kembali kekuatan dan semangat.

- Simpulan

Lagu ini membawa makna dan emosi yang dalam. Selain itu, lagu ini bisa didengarkan sebagai lagu penyemangat. Selamat mendengarkan.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu 5

- Identitas

  • Judul: Heal The World
  • Tahun Terbit: 1991
  • Pencipta: Michael Jackson

- Orientasi

Heal The World merupakan sebuah lagu yang dirilis oleh King of Pop Michael Jackson pada 1991. Heal The World dirilis dalam bentuk album berjudul "Dangerous" dengan cover album bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka.

Dalam bahasa Indonesia, Heal The World berarti Menyembuhkan Bumi. Lagu berdurasi 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang sebuah harapan dan keinginan agar manusia bisa menjadikan bumi sebagai tempat tinggal yang damai dan lebih baik lagi bagi generasi berikutnya. Lagu ini menyerukan sebuah ajakan perdamaian dan kehidupan yang penuh cinta dan kasih sayang antarsesama umat manusia.

- Sinopsis

Para awal lagu, pendengar akan disuguhi sebuah syair yang dibaca oleh anak kecil. Anak kecil tersebut membacakan syair yang berisi sebuah harapan anak muda untuk bisa melihat dunia yang damai dan menjadi sebuah tempat yang lebih baik bagi generasi berikutnya. Anak kecil tersebut berpikir bahwa semua manusia bisa hidup damai dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.

Jika manusia mau berusaha, mereka bisa melihat kebahagiaan tanpa adanya ketakutan. Hanya dengan cinta, dunia ini akan tumbuh menjadi lebih baik lagi dan damai. Lirik ini menceritakan adanya perang yang terus berlangsung, dengan begitu maka tidak akan pernah ada kehidupan yang damai dan lebih baik lagi.

- Analisis

Saat pertama kali mendengarkan lagu ini, kita akan disuguhkan sebuah melodi musik yang sangat menyentuh jiwa. Alunan melodi pop melankolis tersebut benar-benar membuat atmosfer pendengarnya menjadi tersentuh. Michael Jackson juga menyuguhkan lirik dengan makna yang sangat mendalam.

Di samping kelebihan tersebut, terdapat kelemahan dari lagu ini yaitu durasinya yang dirasa sangat panjang. Bagi orang yang tidak benar-benar suka dengan King of Pop itu maka akan merasa bosan untuk mendengarkan lagunya hingga akhir.

- Simpulan

Lagu ini memiliki makna yang sangat mendalam. Lirik yang disuguhkan benar-benar menggugah rasa kemanusiaan kita di mana hingga saat ini masih banyak perang yang terjadi. Lalu kapan harapan kita akan terwujud, harapan untuk bisa hidup damai dan baik di bumi ini. Heal The World, lekas membaik bumiku.

 

Sumber: Ukulele, Sudutnusantara

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer