Sukses


5 Bahaya Makan Nasi Goreng Terlalu Sering yang Tak Disadari

Bola.com, Jakarta - Nasi goreng merupakan satu di antara makanan yang memiliki banyak penggemar, baik masyarakat lokal maupun mancanegara. 

Nasi goreng kerap disajikan sebagai menu sarapan atau makan malam bersama keluarga. Namun, perlu diketahui, terlalu sering makan nasi goreng ternyata bisa memicu berbagai masalah bagi kesehatan kita.

Kandungan minyak hingga bumbu penyedap yang digunakan berisiko buruk terhadap kesehatan sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Buat yang penasaran apa saja bahaya terlalu sering makan nasi goreng bagi kesehatan, bisa menyimak artikel ini.

Berikut ini lima bahaya makan nasi goreng terlalu sering yang tidak disadari, dikutip dari laman Klikdokter dan Khsblog, Kamis (3/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Keracunan

Bahaya pertama terlalu sering makan nasi goreng bisa menyebabkan keracunan. Di dalam nasi terdapat bakteri bernama bacillus cereus yang bisa mengeluarkan racun ketika dipanaskan kembali atau dibiarkan dalam suhu ruangan.

Kita bisa merasakan mual kira-kira 30 menit hingga enam jam setelah mengonsumsi nasi goreng. Lebih jauh, kita bahkan bisa merasa mual seharian atau 24 jam penuh.

3 dari 6 halaman

Obesitas

Bahaya kedua terlalu sering makan nasi goreng bisa menyebabkan obesitas. Kandungan lemak pada nasi goreng sulit dicerna oleh tubuh dan menimbulkan penimbunan lemak jahat.

Hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas dalam jangka waktu lama. Obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan yang tak baik bagi kesehatan karena memincu berbagai penyakit berbahaya.

4 dari 6 halaman

Penyakit Stroke

Nasi goreng merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh yang susah untuk dicerna oleh tubuh. Terlalu sering mengonsumsi nasi goreng bisa memicu penyakit stroke.

5 dari 6 halaman

Penyakit Jantung

Nasi goreng mengandung lemak trans yang bisa menambah kadar kolesterol buruk dalam tubuh dan akan menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

Lemak trans secara medis merupakan jenis lemak yang susah dicerna oleh tubuh sehingga memicu efek buruk bagi kesehatan, dan satu di antaranya yaitu penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

Kanker

Nasi putih merupakan komponen utama dari nasi goreng yang mana mengandung karbohidrat tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi jika dimasak dengan cara digoreng akan memberikan efek negatif terhadap kesehatan.

Hal tersebut bisa merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 27/4/2023), Khsblog

Yuk, baca kumpulan artikel kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer