Sukses


32 Kata-Kata Mading Kemerdekaan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata untuk mading kemerdekaan banyak dicari menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, banyak digelar berbagai acara dalam rangkaian perayaan HUT RI, termasuk di sekolah.

Manyusun mading atau majalah dinding termasuk kegiatan yang dilakukan rutin para siswa. Di bulan Agustus, biasanya tema untuk mading adalah kemerdekaan.

Mading adalah majalah yang tidak dirangkai, tetapi berupa lembaran yang ditempelkan pada dinding (papan tulis dan sebagainya).

Setiap kelas atau kelompok siswa yang ditunjuk bergiliran menyiapkan mading yang akan ditempelkan di sekolah.

Jika kamu ataupun kelasmu mendapat giliran menyusun mading kemerdekaan, kata-kata di bawah ini mungkin bisa membantumu. Ada banyak kata-kata menggugah, yang bisa kamu pilih dan ambil untuk melengkapi madingmu.

Dikutip Bola.com dari berbagai sumber, berikut kata-kata mading kemerdekaan, Rabu (9/7/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Mading Kemerdekaan

1. "Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan." - Ir. Soekarno

2. "Janganlah kita lupakan demi tujuan kita, bahwa para pemimpin berasal dari rakyat, dan bukan berada atas rakyat." - Ir. Soekarno

3. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." - Ir. Soekarno

4. "Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!" - Ir. Soekarno

5. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta. Apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek, tapi merdeka daripada makan bestik, tapi budak." - Ir. Soekarno

6. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia." - Ir. Soekarno

7. "Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib Tanah Air di dalam tangan kita sendiri." - Ir. Soekarno

8. "Gagal hanya terjadi jika kita menyerah. Selamat Hari kemerdekaan!" - Ir. Soekarno

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Mading Kemerdekaan

9. "Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan Gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia." - Ir. Soekarno

10. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri." - Ir. Soekarno

11. "Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia." - Ir. Soekarno

12. "Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk Tanah Air dan bangsa, pemuda begini sebaiknya digunduli saja." - Ir. Soekarno

13. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga."

14. "Semoga kami, para generasi muda, dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan prestasi yang gemilang."

15. "Kemerdekaan ialah pencapaian yang harus diisi tanpa batas. Makin lemah suatu bangsa maka kemerdekaan itu makin tiada artinya. Mari berjuang dan berkarya bersama-sama demi negara Indonesia tercinta!"

16. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Mading Kemerdekaan

17. "Bersungguh-sungguhlah dalam berjuang karena meraih cita-cita dan impian tak semudah membalikkan telapak tangan. Bawa selalu semangat kemerdekaan untuk menggapai impian yang cerah di masa depan!"

18. "Kemerdekaan merupakan pencapaian besar suatu bangsa, tapi merawat dan mengisi kemerdekaan adalah perjuangan yang tidak ada selesainya."

19. "Hari kemerdekaan ini mengingatkan kembali bahwa kita adalah bagian dari bangsa yang besar dan patut dibanggakan."

20. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

21. "Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera."

22. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!"

23. "Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya dijajah oleh bangsa asing maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia."

24. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Mading Kemerdekaan

25. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

26. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

27. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangglah menjadi Indonesia!"

28. "Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan melainkan jembatan untuk bersatu!"

29. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut."

30. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri."

31. "Momen 17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa."

32. "Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini aku terlahir, di sini pula aku tiada."

 

Sumber: Berbagai sumber

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer