Sukses


28 Kata-Kata Soekarno untuk Generasi Muda

Bola.com, Jakarta - Kata-kata Soekarno untuk generasi muda cocok kamu baca lagi jelang peringatan HUT RI 17 Agustus.

Soekarno, presiden pertama Indonesia, terkenal sebagai orator ulung. Bahkan Soekarno mendapat julukan sebagai 'singa podium'. Hal itu karena beliau mampu membuat pendengarnya betah mendengarkan orasinya, hingga berjam-jam lamanya. Beliau memiliki public speaking yang sangat bagus.

Dalam pidatonya tersebut, Soekarno kerap memunculkan jargon, istilah, maupun akronim yang mampu menyentuh dan mengunggah setiap audiensnya.

Di masanya, Soekarno banyak mengangkat tema perjuangan, nasionalisme, patriotisme, kehidupan, bahkan cinta. Soekarno juga banyak menggugah kaum muda ketika itu melalui kata-katanya yang memotivasi dan menginspirasi.

Akan tetapi, kata-kata Soekarno tersebut masih relevan hingga sekarang. Di era kemerdekaan, generasi muda Indonesia masih harus tetap tergugah dengan kata-kata Soekarno.

Jika kamu sedikit lupa, kamu bisa membaca kembali kata-kata Soekarno untuk generasi muda, yang akan mendorongmu untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan negeri tercinta Indonesia.

Dikutip Bola.com dari berbagai sumber, berikut kata-kata Soekarno untuk generasi muda, Kamis (10/8/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Soekarno untuk Generasi Muda

1. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

2. "Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!"

3. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

4. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

5. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

6. "Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali."

7. "Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Soekarno untuk Generasi Muda

8. "Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba. Jadi, tetaplah bersemangat, elang rajawali."

9. "Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan."

10. "Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

11. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

12. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

13. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang."

14. "Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Soekarno untuk Generasi Muda

15. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia."

16. "Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa."

17. "Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat."

18. "Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia."

19. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri."

20. "Hidup bukanlah tentang, 'Aku bisa saja', tapi tentang 'Aku mencoba'. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran."

21. "Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apa pun untuk dimakan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Soekarno untuk Generasi Muda

22. "Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya."

23. "Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!"

24. "Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan."

25. "Dan tidak ada gunanya bagiku. Melepaskan beban dari dalam hatiku. Kepada setiap pemuda yang datang kemari. Aku telah mengorbankan untuk tanah ini"

26. "Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

27. "Sebelum kamu mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan."

28. "Jangan sekali-kali melupakan sejarah."

 

Sumber: Berbagai sumber

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer