Sukses


Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat yang Bisa Diamalkan Secara Rutin

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa selamat dunia dan akhirat bisa diamalkan umat muslim secara rutin. Dengan sering melafalkan doa tersebut, harapannya bisa merasakan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kehidupan di dunia hanya sementara. Adapun kehidupan yang sesungguhnya akan dialami setelah kematian terjadi.

Setiap umat muslim pastinya ingin mendapatkan keselamatan di dunia maupun akhirat.

Selain dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah Swt., seorang muslim juga bisa memanjatkan doa.

Melafalkan bacaan doa selamat dunia akhirat bisa jadi amalan yang dikerjakan setiap hari, terutama setelah salat.

Bacaan doa ini bisa kamu lafalkan untuk meminta keselamatan dalam beragama, menuntut ilmu, mencari rezeki, maut, siksa kubur dan neraka, serta memohon rahmat dari Allah Swt.

Ada beberapa bacaan doa selamat dunia akhirat yang dapat dilafalkan. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut ini bacaan doa selamat dunia akhirat yang bisa dipanjatkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Rabu (16/8/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 1

"Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 2

"Allahumma innii a-'uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a'daa-i."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha' (takdir), dan kegembiraan para musuh." (HR. Al-Bukhari no. 6347, 6616 dan Muslim no. 2707)

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 3

"Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār."

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat  4

"Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram."

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 5

"Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun."

Artinya: "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan." (QS. As-Syu’ara)

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 6

"Rabbana la taj'alna fitnatan lil qaumidz dzalimina wanajjina birahmatika minal qaumil kafirin."

Artinya: "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai sasaran penganiayaan oleh kaum yang berlaku dalim. Wahai Tuhan, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari siksaan kaum yang kafir." (QS. Yunus: 85-86)

  • Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat 7

"Robbanaghfirlana wa li ikhwaaninalladzina sabaquuna bil iiman, walaa taj’al fii quluubina ghillal lilladzina aamanu, robbanaa innaka rauufurrahiim."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara kamu yang telah mendahului kami dengan keadaan beriman, Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr: 10)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 18/4/2023)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer