Sukses


4 Contoh Pidato tentang Kemerdekaan, Gelorakan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

Bola.com, Jakarta - Dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, pasti ada pengibaran bendera Sang Merah Putih.

Satu di antara yang menyita perhatian pada upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih tersebut ialah penyampaian pidato bertema kemerdekaan oleh pembina.

Pidato perihal kemerdekaan ditujukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mengenang jasa pahlawan yang gugur. Sebab, di era globalisasi seperti sekarang, tak sedikit orang kehilangan rasa nasionalisme dan patriotisme, terutama di kalangan generasi muda.

Jika di tahun ini Anda terpilih sebagai pembina upacara, dan belum menyiapkan pidato, Anda bisa mencermati beberapa contohnya di bawah ini.

Berikut ini empat contoh pidato tentang kemerdekaan yang dapat dijadikan referensi, dikutip dari laman Wahyukode dan Rumusrumus, Rabu (16/8/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan 1

Selamat pagi salam sejaterah Bapak, Ibu, dan teman-teman terkasih,

Pada 17 Agustus 2023, negara kita merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-78. Setiap tahun di tanggal 17 Agustus, negara kita merayakan upacara untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

17 Agustus merupakan hari di mana warga Indonesia bergembira untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Seiring waktu, negara kita pun makin berkembang tiap tahunnya.

Kita semua beruntung bisa berkumpul pada hari ini karena jasa-jasa pahlawan yang telah membela negara kita sejak puluhan tahun lalu. Masih ingatkah kalian siapa nama-nama pahlawan yang telah membantu untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan?

Ada banyak sekali pahlawan-pahlawan dari berbagai daerah yang rela mati demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah seorangnya adalah Bung Karno.

Tahukah kalian siapa itu Bung Karno? Ya, Bung Karno adalah Presiden pertama Negara Indonesia. Bung Karno merupakan sosok penting dalam perjuangan warga Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang kali pertama mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Tentu saja Bung Karno dibantu oleh teman-temannya. Mereka berusaha keras untuk melepaskan Indonesia dari bangsa penjajah. Kemerdekaan negara tidak akan pernah bisa didapat hanya dengan malas-malasan sepanjang hari.

Kemerdekaan Indonesia tidak akan bisa terwujud hanya dengan mengandalkan satu atau dua orang saja. Kemerdekaan Indonesia diraih dengan kerja keras. Kemerdekaan Indonesia terwujud berkat bersatunya tekad dan tindakan dari seluruh warga Indonesia di seluruh daerah.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang terkasih,

Mengingat kembali bagaimana usaha para pahlawan kita untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sudah sudah sepantasnya sekarang kita sebagai bangsa Indonesia dapat menghargai dengan mengisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sehingga kita dapat ikut berpartisipasi dalam hari kemerdekaan.

Semangat nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, tapi hal yang paling penting bagi kita sebagai pelajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak hanya malas-malasan.

Kita sebagai pelajar sudah dimudahkan oleh berbagai macam teknologi dan internet. Hal tersebut bisa membawa dampak positif dan juga dampak negatif bagi kita. Dampak positifnya, kita bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan juga informasi.

Kita bisa belajar banyak hal dari internet, mulai pelajaran sejarah, biologi, matematika, fisika, ilmu sosial, dan bahasa asing. Namun, hal tersebut juga bisa membawa dampat negatif seperti terlalu lama bermain gim dan juga media sosial. Itu semua membuat kita menjadi malas.

Oleh karena itu, teman-temanku yang terkasih, marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Bapak, Ibu, dan juga teman-teman terkasih,

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan di hari yang berbahagia ini, semoga apa yang telah saya sampaikan hari ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga juga di tahun ini, tahun ke-78, Indonesia tetap selalu menjadi bangsa yang berkembang.

Terima kasih atas perhatiannya.

3 dari 5 halaman

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak ...

Yang terhormat Bapak Ketua RW ...

Yang terhormat Bapak Ketua RT ...

Dan hadirin sekalian yang kami muliakan!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-78 dalam keadaan sehat walafiat.

Selanjutnya, dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini kami berharap semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada Tanah Air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 itu.

Namun, tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu, masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.

Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara.

Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Insyaallah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan rida Allah Subhanahu wa Ta'ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal 'alamin.

Akhirul kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka!

Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh.

4 dari 5 halaman

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati Bapak Siswanto selaku Kepala Desa Sukorini, yang saya hormati juga Bapak Ketua RW, RT, Warga Dukuh Tegal Candran, serta teman-teman karang taruna muda mudi Cakra yang saya cintai dan banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di acara tirakatan 17 Agustus dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa selawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad saw. Di kesempatan kali ini saya akan berpidato sedikit satu dua kata dengan tema "Hari Kemerdekaan Republik Indonesia".

Tanggal 17 Agustus merupakan hari sakral bagi bangsa Indonesia, di tanggal itulah Tanah Air kita ini merayakan hari kemerdekaan. Peringatan besar ini selalu kita rayakan rutin setiap tahun sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan untuk mengusir penjajah.

Hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai kemerdekaan bangsa kita ini seperti mengikuti upacara bendera, mengadakan lomba, dan lain sebagainya.

Semoga negara kita tercinta ini bisa terus maju sehingga apa yang sudah pahlawan korbankan jiwa raga mereka supaya tak menjadi sia-sia. Yang kerja semangat kerja, yang sekolah semangat belajarnya.

Dengan momentum hari lahirnya NKRI di tanggal 17 Agustus ini mari kita pupuk rasa cinta Tanah Air agar lebih kuat lagi. Siap membela kehormatan dan harga diri bangsa ini dan senantiasa memberikan yang terbaik.

Seperti kata mantan presiden Amerika Serikat, John F Kennedy, bahwa kita itu jangan bertanya tentang apa sih yang negara kasih untuk kita, tapi kita harus tanya terus hal apa yang sudah kita kontribusikan untuk kemajuan RI ini?

Untuk itu, ayo kita pupuk rasa persatuan dan kesatuan, semangat membangun bangsa ini dengan bersungguh-sungguh dalam bekerja ataupun belajar. (Kemudian suarakan pekik kemerdekaan denga suara lantang dan keras sebanyak 3x)

Merdekaaa!!!

Merdekaaa!!!

Merdekaaa!!!

Sekian sepatah kalimat pidato yang bisa saya sampaikan di malam 17-an ini, semoga bisa bermanfaat dan dapat menggerakkan hati, pikiran dan raga kita semua, khususnya para generasi muda untuk terus melangkah menerobos segala keterbatasan. Apabila ada salah kata maupun tingkah laku yang kurang berkenan, mohon untuk dimaafkan.

Wassalamau'alaikum Wr. Wb.

5 dari 5 halaman

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan 4

Assalamualaikum wr, wb.

Kepada Bapak kepala sekolah yang terhormat,

Kepada Ibu/Bapak Guru yang saya hormati,

Serta rekan-rekan sekalian yang saya cintai.

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat-Nya atas beribu nikmat dan hidayah-Nya lah kita dapat dikumpulkan bersama di ruang ini dalam keadaan sehat. Selawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad saw.

Sungguh di hari yang sangat bersejarah ini, saya diberi kesempatan agar dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di sekolah yang kita cintai.

Hadirin yang berbahagia,

Setiap 17 Agustus, negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan. 17 Agustus merupakan hari di mana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan.

Ucapan rasa syukur, bangga serta bahagia atas kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema di setiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakkan, dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya; merdeka, merdeka, merdeka!

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukan hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik  jiwa maupun raga.

Beribu tahun negeri kita telah dijajah, diinjak-injak dan dirampas kemerdekaannya dan kesejahteraannya oleh para penjajah yang kejam.

Beribu kali peperangan, beribu nyawa serta beribu liter darah telah terkorbankan atas kebiadaban para penjajah.

Namun, bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jalan Pegangsaan Timur yang telah menjadi saksi bisu diumumkannya secara tegas proklamasi untuk pertama kalinya.

Akhirnya para pejuang dapat mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan bangga diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia,

Setelah mendengar kerja keras serta kegigihan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan, sudah semestinya kini sebagai bangsa Indonesia kita dapat menghargai dengan mengisi hari kemerdekaan ini berbagai hal positif atas semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang besar sehingga kita dapat ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, tapi hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar, dan belajar agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Kurang lebihnya saya dalam bertutur kata, dengan kerendahan hati, semoga dapat dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr, wb.

 

Sumber: Wahyukode, Rumusrumus

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer