Sukses


8 Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara

Bola.com, Jakarta - Polusi udara adalah suatu kondisi di mana udara tercemar oleh zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Adanya polusi udara tersebut tentu tidak bisa dianggap sepele. Hal itu karena polusi udah bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

Dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan di antaranya bisa mengakibatkan gangguan saluran pernapasan, penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi, dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Selain itu, dampak polusi udara juga bisa mengancam lingkungan sekitar, termasuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi.

Anak-anak dan lansia lebih berisiko dan rentan terkena dampak negatif dari paparan polusi udara. Maka itu, berbagai cara untuk melindungi diri dari polusi udara harus dilakukan.

Kamu bisa mencermati beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjaga atau meminimalisasi risiko polusi udara bagi kesehatan.

Berikut ini delapan cara melindungi diri dari polusi udara yang bisa dilakukan, dikutip dari laman dinkes.jakarta.go.id, Jumat (18/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara

1. Melakukan Pengecekan Kualitas Udara di Daerah Masing-Masing

Pengecekan kualitas udara dapat menggunakan laman atau aplikasi seperti JakISPU melalui platform JAKI, ISPU, IQAir, Nafas, AirVisual, atau BreezoMeter. Kualitas udara akan terlihat dari warna dan angka indeks.

2. Menghindari Tempat dengan Polusi Tinggi

Hindari daerah dengan tingkat polusi udara tinggi seperti jalan raya yang padat atau area industri yang terkena polusi udara.

3. Melakukan Pembersihan Udara di dalam Ruangan

Gunakan pembersih udara dalam ruangan atau filter udara untuk mengurangi paparan polutan dalam ruangan.

3 dari 4 halaman

Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara

4. Memperbanyak Tanaman Hijau

Satu di antara kegunaan tumbuhan adalah sebagai indikator pencemaran dini dan juga sebagai penahan debu serta bahan partikel lain. Sebaiknya, memperbanyak tanaman hijau di daerah polusi udara tinggi dan di sekitar tempat tinggal.

5. Mengatur Sirkulasi Udara dengan Baik

Pastikan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan dengan membuka jendela atau menggunakan sistem ventilasi yang efektif.

6. Menggunakan Transportasi Publik

Cara selanjutnya yang dapat ditempuh yaitu menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta api, LRT, MRT, dan lain-lain.

Cara tersebut berfungsi untuk meminimalisasi penggunaan kendaraan pribadi serta berkontribusi mengurangi pencemaran udara dari asap pembuangan yang dihasilkan oleh kendaraan, baik mobil atau motor.

4 dari 4 halaman

Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara

7. Menjaga Gaya Hidup Sehat

Mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk makan makanan bergizi seimbang (terutama mengonsumsi makanan yang kaya bahan antioksidan alami, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan), berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan merokok.

8. Menggunakan Masker

Menggunakan masker ketika di luar ruangan merupakan satu di antara cara untuk mencegah bahaya kesehatan pernapasan dari polusi udara.

Menggunakan masker bila berada di lokasi dengan tingkat cemaran udara tinggi, misalnya saat harus berjalan kaki atau berkendara menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan yang tidak menggunakan sistem pendingin (AC) di jalan raya, berada di area yang banyak cerobong asap dari aktivitas industri.

Penggunaan masker berfungsi utk menyaring partikel halus dan mencegah penyebaran infeksi. Jenis masker yang disarankan digunakan adalah masker respirator N95 dan simple mask.

Masker respirator merupakan jenis masker antipolusi yang dapat menyaring polutan dan partikel halus sampai 95 persen. Sedangkan simple mask adalah jenis masker yang lebih sederhana dan mudah dicari. Masker ini mampu menyaring polutan dan partikel sebesar 30 sampai 40 persen.

 

Sumber: dinkes.jakarta.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer