Sukses


Bacaan Surah Al Kafirun Ayat 1-6 beserta Arti, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Surah Al Kafirun adalah surah ke-109 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari enam ayat. Surah Al Kafirun termasuk surah Makkiyah.

Surah tersebut dapat dimaknai sebagai surat yang berkaitan dengan toleransi antarumat beragama. Surah Al Kafirun juga bisa diartikan sebuah peringatan bagi pengikut Islam terhadap penyembahan berhala.

Surah Al Kafirun diturunkan untuk menjawab bahwa tawar-menawar dalam hal iman dan agama tidak dapat diterima.

Selain itu, surah Al Kafirun digunakan Nabi Muhammad saw. untuk menjawab kompromi orang-orang kafir tentang penyembahan Tuhan selain Allah.

Kesimpulannya, surah Al Kafirun merupakan surat yang berisikan wujud toleransi hidup dalam perbedaan serta menjadi tuntunan umat Islam dalam hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain.

Berikut ini bacaan dan keutamaan surah Al Kafirun ayat 1-6 yang perlu dipahami oleh setiap muslim, disadur dari Dream, Sabtu (19/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Surah Al Kafirun Ayat 1-6

  • Ayat 1

"Qul yā ayyuhal-kāfirụn."

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!"

  • Ayat 2

"Lā a'budu mā ta'budụn."

Artinya: "Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah."

  • Ayat 3

"Wa lā antum 'ābidụna mā a'bud."

Artinya: "Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah."

  • Ayat 4

"Wa lā ana 'ābidum mā 'abattum."

Artinya: "Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah."

  • Ayat 5

Wa lā antum 'ābidụna mā a'bud"."

Artinya: "Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah."

  • Ayat 6

"Lakum dīnukum wa liya dīn."

Artinya: "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Surah Al Kafirun

1. Surah Al Kafirun Ajakan Toleransi Beragama

Surah Al Kafirun terkenal karena kandungannya mengajarkan kita untuk bertoleransi antarumat beragama.

Dalam kitab suci Al-Qur'an diperintahkan untuk menghormati penganut agama lain, seperti dalam potongan akhir ayat surat tersebut yang artinya, "untukmu agamamu dan untukku agamaku".

2. Surah Al Kafirun Sangat Ditakuti Iblis

Surah Al Kafirun ditakuti oleh iblis. Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, menurutnya tiada surah yang sangat ditakuti iblis kecuali surah Al Kafirun.

"Tidak ada dalam Al-Qur'an yang lebih menakutkan bagi iblis daripada Qul Ya Ayyuhal-Kafirun, sebab ia adalah tauhid dan pembebas dari kemusyrikan."

3. Pahala Membaca Surah Al Kafirun Sama dengan Seperempat Al-Qur'an

Menurut Syeikh Ibnu 'Abbaz membaca empat kali surat ini sama dengan menghatam Al-Qur'an. Hanya, bukan berarti tidak perlu lagi membaca Al-Qur'an. Sebab, seorang muslim hendaknya membaca Al-Qur'an setiap hari.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Surah Al Kafirun

4. Dibaca Menjelang Tidur Dapat Bebas dari Kemusyrikan

Rasulullah saw. bersabda, "Bacalah Qul ya Ayyuhal-kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan". (HR Abu Dawud dari Farwah bin Naufal).

Surah Al Kafirun sering dijadikan sebagai bacaan menjelang tidur sebagai isyarat bahwa seorang muslim harus melakukan ibadah kepada Allah Swt. untuk menjaga imannya, dari membuka mata hingga menutup mata agar terhindar dari kekafiran dan kemusyrikkan.

5. Jadi Pembeda antara Islam dan Non-Islam

Keutamaan surah Al Kafirun juga menjadi pembeda antara Islam dan non-Islam. Sebab, ayat dalam surah Al Kafirun menunjukkan bahwa apa yang disembah, diikuti, dan apa yang menjadi aturan Islam tidak sama dengan apa yang non-muslim yakini.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Reni Novita Sari. Published: 14/12/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer