Sukses


5 Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah, Simple dan Mudah Dihafal

Bola.com, Jakarta - Ketika mengadakan sebuah acara di rumah, sebagai tuan rumah perlu menyampaikan kata sambutan kepada tamu yang sudah hadir.

Penyampaian kata sambutan tuan rumah merupakan wujud sopan santun untuk menyambut tamu yang sudah hadir serta ditujukan untuk mempersilakan acara dibuka.

Adapun kata sambutan tuan rumah tidak harus dibacakan oleh tuan rumahnya langsung, tetapi dapat juga melalui perwakilan.

Meski begitu, menjadi tuan rumah haruslah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, khususnya kata sambutan.

Namun, tak sedikit yang bingung untuk menyiapkan kata sambutan. Bagi kamu yang akan menjadi tuan rumah, bisa mencermati contoh-contoh di bawah ini.

Berikut ini lima contoh kata sambutan tuan tumah yang bisa ditiru, dikutip dari laman Ukulele dan Blogbangbot, Senin (21/8/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

"Alhamdulillahirabbil alamin, wassholatu wassalamu aala sayyidinaa muhammadin wa aala alihi wa sohbihi ajmain. Amma badu."

Yang kami hormati (nama),

Yang kami hormati bapak ketua RW/RT (nama),

Yang kami hormati para alim ulama, sesepuh, tokoh masyarakat, sanak famili, serta jemaah Bapak/Ibu yang tak bisa kami sebutkan namanya satu-persatu, tetapi tak mengurangi rasa hormat dan takzim kami kepada hadirin sekalian.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur yang tak henti-hentinya kepada Allah Swt. yang telah memberikan limpahan karunia-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka (nama acara), pada (hari/tanggal).

Selawat serta salam marilah kita sanjungkan kepada baginda Nabi Muhammad saw. semoga tercurahkan juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan umat-umatnya hingga Yaumul Qiyamah nanti. Aamin.

Bapak/Ibu yang kami hormati, di sini kami sebagai "sohibul hajat" selain sangat bersyukur kepada Allah Swt., kami juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada hadirin sekalian atas limpahan doa dan kehadiran Bapak/Ibu yang telah memenuhi undangan kami.

Semoga niat baik bapak/ibu sekalian dibalas oleh Allah Swt., dipermudahkan segala urusannya, dan selalu dalam lindungan serta rida-Nya.

Selanjutnya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada sambutan dan jamuan yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu, sekali lagi kami mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.

Terakhir, semoga hajat dan harapan kita semua dikabulkan oleh Allah Swt. Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat (nama),

Serta yang terhormat hadirin sekalian yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, tetapi tidak mengurangi rasa hormat kami sekeluarga kepada Bapak/Ibu Saudara sekalian.

Puji serta syukur marilah sama-sama kita panjatkan kepada Allah Swt. karena limpahan rahmat, hidayah, inayah sehingga pada malam hari ini, Bapak/Ibu sekalian dapat memenuhi undangan di kediaman kami.

Adapun maksud kami mengundang Bapak/Ibu sekalian adalah untuk (nama acara). Mudah-mudahan dari acara ini memberikan keberkahan kepada kita semua dan tentunya selalu dalam lindungan Allah Swt.

Selawat serta salam marilah kita curahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, sahabat-sahabatnya, dan pada pengikut-pengikutnya hingga Yaumul Qiyamah.

Kami sekeluarga berterima kasih kepada hadirin karena keikhlasannya menyempatkan waktu memenuhi undangan serta kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila dalam menyambut masih banyak kekurangan.

Demikian sambutan saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil alamin,

Pertama-tama, marilah panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang dengan karunia-Nya, kita semua berkesempatan untuk hadir di tempat ini. Tak lupa, selawat serta salam kita curahkan kepada Rasulullah saw.

Pada malam ini, saya selaku perwakilan keluarga besar mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang telah menyempatkan hadir di kediaman saya dalam acara (nama acara).

Saya berharap hadirin sekalian bisa memaafkan segala kekurangan kami dalam penyambutan. Semoga kekurangan ini tidak menjadi masalah berarti.

Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih. Demikian sambutan saya selaku perwakilan tuan rumah.

Mohon maaf sekali lagi jika ada salah ucap pada sambutan ini. Wabilahit taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah 4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil alamin,

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang dengan karunia-Nya memberikan kita semua kesempatan untuk hadir di tempat ini. Tidak lupa, selawat serta salam mari kita curahkan kepada Nabi Muhammad saw.

Bapak Ibu yang saya muliakan, izinkanlah saya (nama), selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih yang tak terkira kepada hadirin sekalian karena sudah berkenan menyempatkan waktu untuk hadir di kediaman (nama tempat) dalam acara (nama acara).

Semoga acara ini berlangsung dengan baik dan hadirin dapat mendapatkan keberkahan di dalamnya. Tak luput saya/kami mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya apabila dalam acara ini terdapat kekeliruan baik dari tempat, ucapan, hingga sajian yang kami hidangkan. Kami mohon maklum.

Demikian sambutan saya/kami selaku tuan rumah. Mohon maaf jika ada kesalahan ucap. Wabilahit taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Tuan Tumah 5

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil alamin,

Yang terhormat (nama) yang sama-sama telah kita nantikan tausiyahnya,

Yang terhormat (nama) selaku ketua majelis taklim,

Yang terhormat (nama) selaku ketua RT/RW,

Dan jemaah sekalian yang dirahmati Allah Swt.

Puji syukur kepada Allah Swt. yang telah memberikan kita semua kesehatan untuk berkumpul di rumah saya ini dalam rangka (nama acara), tanpa halangan suatu apa pun.

Selawat dan salam kita sampaikan kepada baginda Nabi Muhammad saw. yang mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya kelak di akhirat nanti.

Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian semoga amal ibadah hadirin sekalian diterima oleh Allah Swt.

Kami juga sangat mengharapkan doa agar keluarga kami juga diberikan keselamatan dunia dan akhirat. Tak lupa saya sekeluarga mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menyambut hadirin sekalian.

Demikian sambutan saya, kurang lebihnya mohon maaf. Wassallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Ukulele, Blogbangbot

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer