Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Blueberry untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal penting. Untuk itu, ada beberapa sumber makanan yang bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan, satu di antaranya adalah blueberry.

Blueberry, dengan keindahannya yang menawan dan rasa yang lezat, adalah sumber nutrisi yang luar biasa.

Dengan kandungan nutrisinya yang cukup banyak, blueberry sering dijadikan alternatif pengganti makanan tidak sehat.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada blueberry juga membuatnya bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah blueberry biasanya tumbuh di daerah bersuhu dingin. Untuk menemukan buah ini dalam keadaan segar di negara tropis seperti di Indonesia memang cukup sulit.

Namun, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat buah blueberry dengan mengonsumsi berbagai macam olahannya, seperti suplemen ekstrak blueberry atau jus blueberry.

Berikut beberapa manfaat menyehatkan blueberry untuk tubuh, dilansir dari Healthline, Kamis (31/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Blueberry untuk Tubuh

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Satu di antaranya adalah timbulnya penyakit jantung karena terhambatnya aliran darah menuju jantung yang diakibatkan kolesterol.

Untuk mengurangi kadar kolesterol, kamu dapat mengonsumsi berbagai macam suplemen. Namun untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan cara yang lebih alami, kamu dapat mengonsumsi blueberry secara rutin.

Blueberry mengangandung senyawa pterostilbene, yang terkenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Kandungan serat dalam blueberry juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menurunkan Risiko Alzheimer

Kandungan kaya antioksidan yang terkandung dalam blueberry tidak hanya dapat menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan pertumbuhan sel kanker, tetapi juga dapat menurunkan risiko terkena alzheimer.

Penyakit alzheimer adalah kondisi di mana seorang penderitanya mengalami penurunan daya ingat dan umumnya menyerang orang tua lanjut usia. Dengan mengonsumsi blueberry hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat pada seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Blueberry untuk Tubuh

3. Mencegah Penyakit Kanker

Blueberry kaya akan kandungan nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Sifat antioksidan di dalam buah ini juga dapat menghindarkan kerusakan sel-sel dalam tubuh yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam blueberry dapat menangkal radikal bebas yang dapat memunculkan sel kanker dan memperlambat perkembangannya.

Blueberry dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh yang biasanya dapat menyebabkan kanker. Konsumsilah buah blueberry sebagai camilan atau jus.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Buah blueberry dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan otak, beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi blueberry dapat meningkatkan fungsi saraf dan memori pada otak.

Selain itu, mengonsumsi buah blueberry dapat menurunkan risiko terkena penyakit parkinson, di mana penyebabnya adalah gangguan pada sistem saraf otak yang diakibatkan oleh matinya jaringan sel.

Menjaga asupan buah bluberry juga memberikan manfaat pada banyak orang dalam mengurangi risiko kerusakan kognitif pada otak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Blueberry untuk Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor, zat besi, mangan, seng, vitamin K, dan kalsium di dalam blueberry cukup besar. Berbagai macam kandungan tersebut dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.

Asupan mineral dan vitamin K yang terjaga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan menjaga struktur tulang. Selain itu, kandungan zat besi pada buah ini juga penting dalam menjaga kesehatan sendi.

Mengonsumsi buah blueberry secara rutin setiap hari dapat menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan sehingga dapat menghindarkan seseorang terkena osteopororsis.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit, mengonsumsi blueberry dikenal cukup ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Blueberry mengandung serat yang cukup banyak. Kandungan serat tersebut dapat membantu tubuh mengontrol berat badan. Dengan memberikan efek kenyang yang lebih lama pada perut sehingga mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.

Konsumsilah buah blueberry sebagai makanan pembuka sebelum mengonsumsi makanan utama, hal tersebut dapat menjaga berat badan secara ideal dan menghindarkan kamu dari obesitas.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer