Sukses


Jenis-Jenis Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Flu

Bola.com, Jakarta - Flu atau yang dikenal dengan influenza merupakan satu di antara penyakit menular sering dialami. Flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Ketika flu menyerang, sistem kekebalan tubuh kita berjuang untuk melawan infeksi, dan pada saat yang sama, kita sering kali merasa sangat tidak enak badan.

Dalam upaya untuk mempercepat proses pemulihan dan meredakan gejala flu, penting untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi.

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ketika flu sedang menyerang tubuh, beberapa di antaranya seperti makanan manis dan pedas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari saat flu, disadur dari Klikdokter, Selasa (5/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Flu

1. Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu. Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Hal tersebut juga berlaku pada kue kering, permen, es krim, dan makanan manis lainnya.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur. Pilih juga camilan yang rendah gula.

2. Susu

Agar gejala flu tidak makin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasanmu. Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu.

Lendir yang dibiarkan mengendap terlalu lama di dalam tubuh berpotensi memicu gejala yang lebih parah.

Saat sakit, kamu sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh.

3. Makanan Pedas

Mengutip dari situs Men's Health, jenis makanan yang satu ini juga harus dihindari saat flu. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu.

Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek kian menjadi-jadi.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Flu

4. Alkohol

Sama seperti gula, minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat mengganggu pertahanan tubuh dari virus. Hal ini malah dapat membuat tubuh lebih sakit dari sebelumnya.

Mengonsumsi alkohol juga dapat membuatmu dehidrasi. Selama kondisi tubuh belum stabil, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi dalam jumlah banyak.

5. Daging

Selama flu, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh. Karenanya, daging menjadi satu di antara pantangan makanan saat flu.

Kamu bisa mengganti konsumsi daging dengan buah dan sayur-sayuran. Seorang ahli bahkan menganjurkan untuk menjalani pola makan selayaknya seorang vegetarian selama flu hingga beberapa saat setelah sembuh.

6. Makanan Terlalu Keras

Biskuit, crackers, chips dengan tekstur garing dapat memicu batuk dan nyeri tenggorokan. Ketika sudah dikunyah akan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan dan memicu batuk.

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Flu

7. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji rendah kandungan nutrisinya. Saat flu, kamu membutuhkan lebih banyak vitamin dan nutrisi agar lebih cepat sembuh.

8. Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi, soda, dan teh hitam dapat membuat kamu merasa lebih dehidrasi. Ketika kurang cairan, tenggorokan akan terasa kering dan memicu batuk.

9. Makanan Berminyak

Makanan berminyak lebih sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan gejala tambahan pada perut. Selain itu makanan berminyak dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/4/2023)

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer