Sukses


Manfaat Stres di Tempat Kerja yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan fisik, emosional, atau mental yang kita hadapi. Satu di antara penyebab stres biasanya tuntutan pekerjaan.

Namun, tahukah kamu jika merasakan stres di tempat kerja ternyata juga ada manfaatnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology menemukan, tingkat stres yang tak ekstrem sebenarnya dapat membantu meningkatkan kinerjamu di kantor. Jika terlalu stres maka itu akan menggagalkan kinerjamu.

Di sisi lain, tingkat stres dan kecemasan yang tidak terlalu ekstrem dapat memfasilitasi dan mendorong kinerja di kantor. Stres di tempat kerja justru dapat memotivasi.

Jika kamu penasaran, berikut beberapa manfaat stres di tempat kerja, disadur dari Klikdokter, Rabu (6/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Stres di Tempat Kerja

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tekanan dan kecemasan yang kamu rasakan berpotensi meningkatkan kinerja otak. Kondisi ini terjadi karena stres memperkuat hubungan antara neuron di otak, meningkatkan daya ingat dan atensi, serta membantu lebih produktif.

Dalam sebuah penelitian di University of Berkeley, peristiwa stres singkat menyebabkan sel induk di otak tikus berkembang biak menjadi sel saraf baru. Hal ini mengakibatkan peningkatan kinerja mental setelah dua minggu, dan berujung pada performa otak yang lebih baik.

Beberapa orang bahkan dapat bekerja lebih baik ketika stres. Lakukan evaluasi terhadap diri saat tertekan, nantinya kamu bisa saja merasa lebih fokus dan produktif.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika terjadi stres ringan maka akan terjadi sedikit peningkatan hormon stres yang ternyata malah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Stres dapat merangsang produksi bahan kimia yang disebut interleukin dan memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, stres kronis memang dikenal dapat menurunkan imun tubuh.

Ketika kamu stres kerja, alihkan ke kegiatan positif sebelum menjadi berlarut-larut.

3. Mental Lebih Kuat

Melewati situasi stres dapat membantu membangun ketahanan mental. Awalnya, saat stres datang, kamu mungkin merasa kewalahan dan berpikir situasi sedang buruk. Namun, saat menghadapi situasi yang berbeda dan melatih diri setiap kalinya, kamu sudah mempersiapkan diri di masa depan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Stres di Tempat Kerja

4. Memberikan Motivasi

Manfaat stres kerja dapat menjadi pendorong motivasi. Kuncinya adalah memkamung situasi stres sebagai tantangan yang dapat kamu hadapi, bukan sebagai penghalang.

Stres juga dapat membantu meningkatkan kesadaran sehingga turut membantu kamu untuk sukses.

5. Meningkatkan Kreativitas

Saat menghadapi suasana yang baru, terkadang kita merasa takut akan hal yang belum kita pahami.

Manfaat stres bagi otak dapat mendorong kamu untuk berubah, berjuang, tumbuh, dan beradaptasi. Stres sering kali membantu kamu menjadi lebih kreatif.

6. Meningkatkan Energi

Stres jangka pendek dapat meningkatkan energi. Stres yang positif adalah suatu kondisi yang dapat meningkatkan gairah yang bermanfaat. Stres ini dapat mempertajam indra dan membantu memecahkan masalah.

Stres yang baik akan menciptakan jalur saraf yang baru dan menstimulasi endorfin. Ini sama halnya dengan latihan fisik yang memberikan tekanan pada tubuh, tetapi membuatmu bersemangat.

Sebanyak satu dari enam pekerja kantoran mengalami gangguan mental seperti cemas dan depresi.

Jika tidak segera dicarikan jalan keluarnya maka dapat menyebabkan semangat dan motivasi kerja melemah, atau bahkan meningkatkan keinginan bunuh diri.

Jika kamu merasakan ada hambatan berupa gangguan mental di tempat kerja, segera lakukan tindakan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendiskusikannya dengan atasan, dan ceritakan masalah yang terjadi.

Bila kamu masih bisa mengatasinya sendiri, cobalah untuk berbaur dengan rekan kerja lainnya saat makan siang. Kamu bisa menawarkan bantuan kepada rekan kerja yang mungkin kerepotan dengan tugas yang sangat banyak.

Selain itu, bersosialisasilah dengan rekan kerja lainnya sepulang jam kantor. Kamu juga bisa melampiaskan rasa galau dengan melakukan olahraga favorit sepulang kerja.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/1/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer