Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Buah Pir untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia nutrisi dan kesehatan, buah pir adalah satu di antara makanan yang banyak dianggap sebagai pilihan lezat dan sehat.

Pir adalah buah yang telah lama digemari karena rasa manisnya yang khas dan teksturnya yang renyah. Buah pir juga memiliki sejarah panjang dalam berbagai budaya sebagai simbol kesehatan.

Buah yang memiliki nama latin pyrus ini sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut, atau sebagai campuran saat membuat jus buah ataupun jus sayuran.

Pir mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu pir megandung mineral, seperti mangan, kalium, dan tembaga.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah pir secara rutin, seperti dapat menjaga sistem pencernaan dan membantu menyehatkan jantung.

Berikut enam manfaat menyehatkan buah pir untuk tubuh, seperti dilansir dari Lifehack, Jumat (8/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Pir untuk Tubuh

1. Melawan Kanker

Buah pir mengandung antosianin dan asam sinamat, yang menjadikannya senyawa antikanker sehingga mengonsumsi buah pir dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Pir juga mengandung flavonoid, yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam penangkalan muncul berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan ovarium.

2. Menurunkan Berat Badan

Berat badan terkadang menjadi masalah bagi beberapa kalangan karena berat badan yang terlalu berlebihan akan membuat orang kurang percaya diri dan menimbulkan munculnya berbagai macam penyakit.

Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan, satu di antaranya adalah mengonsumsi buah seperti pir. Buah pir rendah akan kandungan kalori dan tinggi akan kandungan seratnya.

Kandungan serat yang ada di dalam buah pir dapat membuat perutmu merasa kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi mengonsumsi makanan secara berlebihan di lain waktu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Pir untuk Tubuh

3. Menurukan Risiko Terkena Diabetes

Buah pir mengandung serat yang cukup tinggi, selain itu buah ini juga mengandung berbagai senyawa, yang terbukti dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Kandungan serat pada pir juga dapat membantu tubuh menyerap karbohidrat dengan baik.

Pir mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C dan vitamin K, yang dapat memerangi peradangan pada penderita diabetes.

Konsumsilah buah pir dalam keadaan segar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah pir mengandung sifat antioksidan yang kuat dan bermanfaat untuk melemaskan otot jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung.

Antioksidan dalam pir bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam jantung yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas sehingga jantung menjadi lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Pir untuk Tubuh

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah pir kaya akan kandungan serat larut maupun tak larut, kedua kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan usus dan membantu sistem pencernaan, dengan melunakkan dan membuang kotoran dari dalam perut.

Serat larut yang terkandung dalam buah pir dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yaitu prebiotik, yang dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Mencegah Penyakit Tulang

Selain mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang cukup tinggi, buah pir mengandung protein, zat besi, dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Dengan hal itu, mengonsumsi pir dapat membantu menguatkan tulang dan menjaga kepadatan tulang sehingga menrunkan risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

 

Sumber: Lifehack

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer