Sukses


8 Macam Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Memiliki perut buncit bagi sebagian orang bisa menurunkan rasa percaya diri dan menjadikan penampilan baik laki-laki atau perempuan terlihat tidak proporsional.

Tak hanya itu, memiliki perut buncit juga berdampak buruk bagi kesehatan, seperti risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Perut buncit adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak. Nah, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit.

Satu di antaranya cara yang terbilang efektif yaitu dengan melalukan olahraga. Namun, perlu konsistensi dan metode olahraga yang tepat untuk bisa membakar lemak di perut.

Yuk, simak beberapa rekomendasi olahraga yang tepat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit pada artikel ini.

Berikut ini macam-macam olahraga mengecilkan perut buncit untuk mendapatkan bentuk ideal, dikutip dari laman Clevelandclinic dan Healthline, Kamis (7/9/2023).

2 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

1. Medicine Ball Burpees

Medicine ball burpees adalah gerakan olahraga mengecilkan perut buncit yang membutuhkan bantuan alat berupa bola. Latihan ini efektif meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Caranya, berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan pegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Rentangkan bola ke atas kepala, lalu banting bola ke tanah sekuat tenaga dengan posisi membungkuk.

2. Skipping

Skipping adalah olahraga kardiovaskular yang dapat membantu membakar kalori dengan cepat. Melakukan skipping secara teratur akan membantu mengecilkan perut dan mengencangkan otot-otot perut.

Selain berolahraga, satu di antara upaya yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah mengonsumsi multivitamin.

Cara ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak jadi lebih maksimal.

3 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

3. Joging

Joging atau lari santai merupakan satu di antara aktivitas fisik yang praktis dan mudah dilakukan. Joging juga termasuk olahraga yang dinilai efektif untuk membakar lemak perut.

Kamu disarankan melakukan olahraga ini selama 20-30 menit dan setiap 3-5 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

4. Berenang

Berenang juga termasuk jenis olahraga yang baik untuk mengecilkan perut karena dapat membakar lemak tubuh secara bertahap.

Tak hanya untuk mengecilkan perut, berenang baik untuk memelihara kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, meredakan stres, dan memperbaiki kualitas tidur.

Agar ukuran perut dapat mengecil, disarankan untuk berenang selama sekitar 20-30 menit sebanyak minimal tiga kali seminggu. Sebelum berenang, jangan lupa untuk melakukan pemanasan setidaknya selama 10 menit.

4 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

5. Senam Aerobik dan Zumba

Beberapa jenis senam, seperti senam aerobik dan zumba cukup efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut.

Tak hanya itu, senam aerobik dan zumba juga baik untuk memperkuat sendi dan tulang, memperbaiki mood, dan meredakan stres.

6. Naik Turun Tangga

Sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus, gerakan ini bisa kamu lakukan sebagai alternatif lain olahraga mengecilkan perut.

Lakukan secara beberapa kali repetisi untuk mendapatkan hasil efektif mengencangkan otot perut dan paha. Cara melakukannya cukup sederhana, kamu tinggal naik dan menuruni tangga beberapa kali.

5 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

7. Yoga dan Pilates

Berbagai gerakan yoga dan pilates terbukti efektif untuk mengecilkan perut buncit. Olahraga ini tidak hanya mampu menghilangkan lemak di perut, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat, berenergi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres.

8. Berjalan Kaki

Olahraga mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah berjalan kaki. Latihan kardio yang sangat sederhana ini dipercaya dapat membantu kamu menghilangkan lemak perut dan tetap bugar.

Kamu dapat mencobanya dengan berjalan kaki atau berjalan cepat sekitar 30 menit pada pagi atau sore setiap harinya.

Selain dapat mengurangi lemak di perut, berjalan kaki memiliki efek positif pada metabolisme dan detak jantung.

Olahraga yang satu ini tidak memerlukan peralatan apa pun untuk latihan, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

 

Sumber: Clevelandclinic, Healthline

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer