Sukses


Bacaan Doa saat Memberikan Nama kepada Anak

Bola.com, Jakarta - Sebuah nama adalah bagian tak terpisahkan dari identitas seseorang. Nama menjadi identitas pertama yang diberikan orang tua kepada seorang anak.

Proses memberi nama bukanlah perkara sepele, sebab dalam setiap nama terkandung makna, harapan, dan aspirasi yang akan membayangi perjalanan hidup sang anak.

Itulah mengapa, tindakan ini penting dalam budaya dan agama-agama di seluruh dunia. Dalam Islam, memberi nama kepada anak adalah sebuah momen sakral yang dipenuhi dengan doa dan harapan.

Dalam mengiringi pemilihan nama juga terdapat doa yang bisa dipanjatkan orang tua agar nama yang diberikan memiliki berkah.

Doa ini merupakan cara orang tua untuk mengungkapkan rasa syukur, harapan, dan cinta mereka kepada Sang Pencipta, yang telah memberi mereka anugerah dalam bentuk seorang anak.

Berikut ini bacaan doa saat akan memberikan nama kepada anak, disadur dari Merdeka, Jumat (8/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Memberi Nama Anak Laki-Laki

Dalam buku "Al-A'mal Al-Yaumiyah; Amalan Sehari-hari" yang disusun oleh tim asatidz Pesantren Al-Khairat, disebutkan bahwa tata cara dan doa saat memberi nama pada anak, jika anak tersebut berjenis kelamin laki-laki. Adapun bacaan doa memberi nama anak laki-laki adalah sebagai berikut:

Yaa ayyuhash shobiyyu, innii sammaituka bimaa sammaakallaahu bihii fil azali. Innii sammaituka (…). Baarokallaahu laka.

Artinya:"Wahai anak laki-laki, aku akan memberikanmu nama dengan nama yang telah Allah berikan padamu di alam azali. Aku memberimu nama.. (sebut nama yang hendak diberikan). Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Memberi Nama Anak Perempuan

Kemudian jika anak tersebut berjenis kelamin perempuan, doa memberi nama anak perempuan adalah sebagai berikut:

Yaa ayyuhash shobiyyah, innii sammaituki bimaa sammaakillaahu bihii fil azali. Innii sammaituki (…). Baarokallaahu laki.

Artinya:"Wahai anak perempuan, aku akan memberikanmu nama dengan nama yang telah Allah berikan padamu di alam azali. Aku memberimu nama.. (sebut nama yang hendak diberikan). Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 10/12/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer