Sukses


10 Hadis tentang Sifat Sombong yang Penting Dipahami Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Sifat sombong merupakan fitrah yang sudah muncul sejak manusia lahir. Namun, ada baiknya seorang manusia bersikap tawadhu (rendah diri), saling menerima, dan memaafkan.

Sombong adalah sifat manusia yang memandang dirinya berada di atas kebenaran. Orang sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain.

Pada hakikatnya, sifat sombong adalah perbuatan yang amat dilarang oleh agama yang dapat merugikan diri pelakunya.

Hal itu sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Luqman ayat 18:

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman: 18)

Di sisi lain, sebagai satu di antara utusan Allah Swt., Rasulullah saw. memerintahkan umatnya agar menjauhi berlaku sombong melalui banyak hadis.

Berikut 10 hadis tentang sifat sombong yang penting dipahami umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan uad.ac.id, jumat (8/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Sifat Sombong

Hadis tentang Sifat Sombong 1

 حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ أَنَّ دَرَّاجًا حَدَّثَهُ عَنْ أَبِي الْهَيْثَمِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ يَتَوَاضَعُ لِلَّهِ سُبْحَانَهُ دَرَجَةً يَرْفَعُهُ اللَّهُ بِهِ دَرَجَةً وَمَنْ يَتَكَبَّرُ عَلَى اللَّهِ دَرَجَةً يَضَعُهُ اللَّهُ بِهِ دَرَجَةً حَتَّى يَجْعَلَهُ فِي أَسْفَلِ السَّافِلِينَ

"Barang siapa tawadu' (bersikap rendah diri) kepada Allah Swt. satu derajat, niscaya Allah akan mengangkatnya satu derajat, dan barang siapa bersikap sombong kepada-Nya satu derajat maka Allah akan merendahkan satu derajat hingga derajat yang paling hina. (HR. Ibnu Majah No. 4166)

Hadis tentang Sifat Sombong 2

"Ada tiga golongan yang tidak perlu ditanya tentang mereka itu (dan langsung dimasukkan neraka) yaitu: 1. Orang yang mencabut selendang Allah, sesungguhnya selendang Allah itu adalah sombong dan pakaian-Nya adalah kebesaran, 2. Orang yang ragu-ragu terhadap perintah Allah dan, 3. Orang yang putus asa dari rahmat Allah". (HR. Thabarani)

Hadis tentang Sifat Sombong 3

 عَنْ عِيَاضِ بْنِ حَمَّادٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اللهَ اَوْحَى اِلَيَّ اَنْ تَوَاضَعُوْا حَتَّى لاَ يَفْخَرَ اَحَدٌ عَلَى اَحَدٍ وَلاَ يَبْغِيَ اَحَدٌ عَلَى اَحَدٍ. مسلم و ابو داود و ابن ماجه فى الترغيب و الترهيب

"Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepada saya agar kamu sekalian bertawadu' sehingga seseorang tidak merasa sombong terhadap yang lain dan seseorang tidak pula berbuat dhalim terhadap yang lain." (HR. Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Sifat Sombong

Hadis tentang Sifat Sombong 4

"Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah saw. dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah saw. bersabda, 'Makanlah dengan tangan kananmu!' Orang tersebut malah menjawab, 'Aku tidak bisa.' Beliau bersabda, 'Apakah kamu tidak bisa?' - Dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu, tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya." (HR. Muslim No. 3766)

Hadis tentang Sifat Sombong 5

وَإِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ وَلَا يَبْغِ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ

"Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tidak seorang pun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lain." (HR. Muslim No. 2865)

Hadis tentang Sifat Sombong 6

"Orang yang meninggal dunia, dan ketika ia meninggal itu di dalam hatinya masih ada sebesar biji sawi dari sombong maka tidaklah halal baginya surga, tidak mencium baunya dan tidak pula melihatnya." (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Sifat Sombong

Hadis tentang Sifat Sombong 7

 لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

"Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. Ada seseorang yang bertanya, 'Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?' Beliau menjawab, 'Sesungguhnya Allah Swt. itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain." (HR. Muslim)

Hadis tentang Sifat Sombong 8

"Pada hari kiamat orang-orang yang sombong akan digiring dan dikumpulkan seperti semut kecil, di dalam bentuk manusia, kehinaan akan meliputi mereka dari berbagai sisi. Mereka akan digiring menuju sebuah penjara di dalam Jahanam yang namanya Bulas. Api neraka yang sangat panas akan membakar mereka. Mereka akan diminumi nanah penduduk neraka, yaitu thinatul khabal (lumpur kebinasaan)." (HR. Bukhari, Tirmidzi, Ahmad)

Hadis tentang Sifat Sombong 9

إِنَّ أَهْلَ النَّارِ كُلُّ جَعْظَرِيٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ جَمَّاعٍ مَنَّاعٍ وَأَهْلُ الْجَنَّةِ الضُّعَفَاءُ الْمَغْلُوبُونَ

"Sesungguhnya penduduk neraka adalah semua orang yang kasar lagi keras, orang yang bergaya sombong di dalam jalannya, orang yang bersombong, orang yang banyak mengumpulkan harta, orang yang sangat bakhil. Adapun penduduk surga adalah orang-orang yang lemah dan terkalahkan." (HR. Ahmad, Al Hakim)

Hadis tentang Sifat Sombong 10

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

"Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia." (HR. Muslim)

 

Sumber: Fiqihmuslim, uad.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer