Sukses


7 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Penyakit asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Asam urat biasa menyerang siapa saja, termasuk anak muda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian asam urat adalah penyakit yang ditandai oleh serangan nyeri sendi yang berulang-ulang dan secara tiba-tiba.

Pada umumnya, penyakit asam urat lebih sering menyerang orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena menumpuknya kristal asam urat seiring berjalannya usia.

Namun, saat ini banyak anak muda yang mengeluh masalah asam urat yang mereka alami. Hal tersebut umumnya terjadi karena pola makan yang tidak sehat.

Perlu diingat, asam urat merupakan penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Jadi, bila penyakit ini menyerang saat usia muda, bukan tak mungkin masa muda Anda akan hilang begitu saja.

Maka itu, penting mengetahui penyebab asam urat di usia muda. Apa saja penyebabnya?

Berkut ini penyebab asam urat tinggi di usia muda yang perlu diketahui, dilansir dari Mayo Clinic, Senin (11/9/2023).

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

1. Gaya Hidup

Seperti telah disebutkan di atas, faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah konsumsi makanan dan minuman tertentu sebagai gaya hidup.

Mengonsumsi makanan yang kaya daging merah dan kerang dan minum minuman manis dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat, yang meningkatkan risiko asam urat.

Selain itu, pola makan yang tinggi purin, konsumsi alkohol berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi pada usia muda.

2. Berat Badan

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah berat badan. Jika seseorang kelebihan berat badan, tubuh akan memproduksi lebih banyak asam urat dan ginjal lebih sulit untuk menghilangkan asam urat.

3. Kondisi Medis

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah kondisi medis tertentu. Penyakit dan kondisi tertentu meningkatkan risiko asam urat.

Ini termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan ginjal.

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

4. Obat-obatan Tertentu

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Aspirin dosis rendah dan beberapa obat yang digunakan untuk mengontrol hipertensi, termasuk diuretik thiazide, inhibitor enzim pengubah angiotensin (ACE) dan beta blocker, juga dapat meningkatkan kadar asam urat.

Begitu juga penggunaan obat anti penolakan yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.

5. Riwayat Asam Urat dalam Keluarga

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah riwayat asam urat dalam keluarga. Jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita asam urat atau pernah mengalaminya, seseorang dengan keturunan ini lebih mungkin memiliki penyakit asam urat juga.

6. Usia dan Jenis Kelamin

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah usia dan jenis kelamin. Asam urat lebih sering terjadi pada pria, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Namun, setelah menopause, kadar asam urat wanita mendekati pria. Pria lebih mungkin memiliki asam urat lebih awal antara usia 30 dan 50. Sedangkan wanita umumnya mengembangkan tanda dan gejala asam urat setelah menopause.

7. Operasi atau Trauma

Faktor risiko penyebab asam urat di usia muda adalah melakukan operasi atau mengalami trauma. Mengalami operasi atau trauma baru-baru ini terkadang dapat memicu serangan asam urat.

Pada beberapa orang, menerima vaksinasi dapat memicu serangan asam urat.

 

 

4 dari 4 halaman

Mencegah Asam Urat di Usia Muda

Meski berbahaya dan dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya, asam urat adalah penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Beberapa tindakan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk itu, di antaranya:

  • Kurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan sayur hijau.
  • Hindari minuman yang mengandung pemanis fruktosa seperti soda, dan minuman beralkohol.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur, setidaknya sebanyak lima kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari.
  • Pertahankan berat badan pada rentang ideal.
  • Periksa kesehatan secara berkala ke klinik atau rumah sakit.

 

Sumber: Mayoclinic

Baca artikel seputar kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer