Sukses


6 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Buah merupakan sumber makanan penuh nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Satu di antara buah yang memiliki banyak nutrisi tersebut adalah kiwi.

Rasa kiwi yang merupakan perpaduan asam, manis, dan menyegarkan menjadikan banyak orang sering menyantap kiwi sebagai camilan maupun campuran saat membuat salad atau smoothie.

Biji buah kiwi juga dapat ikut dikonsumsi, begitu juga kulitnya. Namun, kebanyakan orang menikmati buah kiwi dengan mengupas kulitnya karena memiliki sedikit rasa pahit.

Tidak hanya sekadar sebagai camilan, campuran minuman, dan penghias makanan saja, kiwi memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah kiwi yang memiliki nama latin Actinidia deliciosa, merupakan jenis buah yang berasal dari China bagian utara. Buah yang berwarna cokelat dengan bentuk yang kecil ini mulai menyebar ke berbagai wilayah, mulai abad ke-20.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kiwi di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, dan potasium. Selain itu, kiwi memiliki efek antiokisidan dan sumber serat yang tinggi.

Banyak produk olahan yang terbuat dari kiwi. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu lebih baik menikmatinya dalam keadaan segar atau membuat jus dengan buah kiwi.

Berikut enam manfaat kiwi untuk kesehatan tubuh, termasuk bantu turunkan berat badan, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (13/9/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi tiga kali dalam sehari selama delapan minggu, mengalami penurunan tekanan darah.

Kandungan antioksidan dan lutein pada kiwi membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Selain itu, vitamin C dalam kiwi dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah.

2. Menaikan Imunitas Tubuh

Memiliki asupan nutrisi yang teratur penting dilakukan agar kondisi imun tubuh tetap terjaga. Vitamin C yang terkandung dalam kiwi membantu melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas.

Memiliki imun dan kekebalan tubuh yang baik akan menghindarkan kita dari risiko terkena berbagai macam penyakit seperti flu, demam, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Mengonsumsi jus kiwi dapat memberikan asupan vitamin C harian yang dianjurkan dan dapat dengan cukup efektif menangkal infeksi dan serangan flu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengobati Asma

Jika kamu memiliki penyakit asma, konsumsilah buah kiwi untuk membantu meredakannya. Sesak napas adalah satu di antara gejala penyakit asma dan dapat diredakan dengan mengonsumsi kiwi.

Kiwi kaya kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua komponen tersebut sangat dipercaya dapat mengendalikan gejala penyakit asma.

Beberapa penelitian yang dilakukan telah menyebutkan bahwa fungsi paru-paru akan meningkat bagi mereka yang rutin mengonsumsi buah kiwi.

4. Mengatasi Insomnia

Bagi kamu yang sering mengalami kesulitan tidur di malam hari atau tidur dalam keadaan tidak nyenyak, mungkin dapat mengonsumsi kiwi secara rutin setiap sebelum tidur.

Kiwi yang dimakan langsung atau dibuat sebagi jus dipercaya merupakan alternatif obat tidur alami yang tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk kesehatan.

Hal tersebut karena buah kiwi mengandung sifat antioksidan dan serotinin yang akan membantu menenangkan pikiran dari stres. Stres dapat memengaruhi kualitas tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengonsumsi buah kiwi sangat dianjurkan.

Kiwi mengandung cukup banyak serat, dan serat dapat memperlancar pencernaan dengan membuang limbah dalam perut dan juga dapat menjaga perut merasa kenyang lebih lama.

Kamu dapat mengonsumsi buah kiwi secara langsung atau membuatnya sebagai jus untuk membantu usaha menurunkan berat badan.

Carilah buah kiwi yang masih segar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kiwi tidak hanya menjaga kesehatan dalam tubuh. Buah ini juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan dari penuaan dini. Banyak produk kecantikan yang meggunakan ekstrak kiwi sebagai bahan dasarnya.

Sifat antioksidan dalam vitamin C dan E yang ditemukan pada buah kiwi mampu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan mengilap.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer