Sukses


Cara Mengatasi Rasa Tidak Suka Percakapan Telepon dan Faktor Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Komunikasi via telepon merupakan sesuatu yang lumrah di era modern. Namun, bagi sebagian orang, suara dering telepon bisa menjadi sesuatu yang mengganggu.

Suara tersebut justru membuat mereka menghindari mengangkat telepon, terutama dari orang yang tidak dikenal atau tidak terlalu dekat.

Dalam sebuah penelitian, para remaja cenderung menganggap berbicara lewat telepon merupakan komunikasi yang intim dan terbatas untuk orang terdekat saja.

Maka itu, mereka pun lebih memilih berkomunikasi lewat pesan singkat ataupun media sosial.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam penyebab seseorang tidak suka ditelepon beserta cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Sabtu (16/9/2023).

2 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang Tidak Suka Ditelepon

1. Gangguan Kecemasan

Phone anxiety bisa menjadi penyebab utama seseorang tidak suka ditelepon. Phone anxiety adalah ketakutan berlebih terhadap komunikasi lewat telepon yang menimbulkan gejala kecemasan berupa jantung berdebar hingga sesak napas.

Kondisi yang juga disebut fobia telepon tersebut merupakan bagian dari gangguan kecemasan sosial atau SAD (social anxiety disorder). Fobia ini biasanya dipicu oleh ketakpastian serta makna obrolan yang ambigu di telepon.

Ekspresi lawan bicara terkait pesan yang disampaikan lewat telepon pun tidak bisa diketahui dengan pasti. Hal ini membuat orang dengan phone anxiety berpikiran bahwa lawan bicaranya mungkin akan memberikan respons yang tidak menyenangkan sehingga munculah kecemasan.

2. Karakter Pemalu

Orang yang pemalu bisa saja benci ditelepon karena adanya kecemasan pada aspek sosial. Ia menjadi bingung harus merespons apa ketika ditelepon.

Perasaan deg-degan bisa muncul saat ditelepon. Ini karena tidak ada waktu untuk memikirkan respons yang tepat dibandingkan ketika ngobrol lewat pesan singkat.

Rasa malu untuk berkomunikasi lewat telepon juga umum dialami oleh orang introvert. Karakternya yang cenderung tertutup terhadap lingkungan sosial membuat orang introvert tidak suka ditelepon.

3 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang Tidak Suka Ditelepon

3. Sulit Berkomunikasi Secara Efektif di Telepon

Ketakmampuan merespons dengan cepat obrolan melalui telepon bisa membuat seseorang enggan mengangkat telepon ataupun menelepon. Ia mungkin merasa kewalahan ketika harus berbicara di telepon dan berjuang mengomunikasikan pesan yang ingin disampaikan.

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang pemalu atau memiliki masalah kecemasan sosial. Melansir VeryWell Mind, individu dengan keterampilan berbicara di publik sekalipun bisa kesulitan untuk berkomunikasi secara efektif lewat telepon.

Hal tersebut kemungkinan berkaitan dengan sulitnya mengetahui ekspresi lawan bicara di percakapan telepon.

4. Tidak Sabar

Beberapa orang enggan berbicara via telepon karena mereka tidak sabar dan tidak bisa menoleransi hal-hal yang memakan waktu. Biasanya, orang yang tidak sabar akan merasa bahwa komunikasi lewat telepon hanya membuang waktu.

Terlebih, ketika topik pembicaraan bisa disampaikan lewat teknologi lain seperti pesan singkat atau email.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Tidak Suka Percakapan Telepon

1. Memastikan Lawan Bicara Bisa Ditelepon

Jika memang kamu diharuskan untuk menelepon terlebih dahulu, cobalah konfirmasi kesediaan lawan bicara untuk ditelepon. Hal ini akan mengurangi kecemasan terkait waktu yang tepat untuk menelepon orang tersebut.

Selain itu, kamu bisa mengetahui apakah lawan bicara mau ditelepon atau tidak. Apabila lawan bicara tidak bisa mengangkat telepon, tanyakan kapan waktu yang tepat untuk bisa meneleponnya kembali.

2. Menyiapkan Naskah

Sebelum menelepon, tuliskan hal yang ingin kamu sampaikan menjadi sebuah naskah. Hal ini akan membantu kamu merespons pesan yang disampaikan lawan bicara nantinya. Lalu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu dengan naskah tersebut sebelum benar-benar berbicara lewat telepon.

3. Berlatih dengan Teman

Berlatihlah melakukan percakapan lewat telepon dengan teman atau orang terdekat lainnya. Kamu bisa melatih respons yang baik dan efektif terhadap lawan bicara dalam suatu panggilan telepon.

Latihan akan membuatmu terbiasa serta beradaptasi dengan panggilan telepon. Jika hal ini sering dilakukan, kamu akan lebih nyaman dan terbiasa berkomunikasi via telepon.

4. Tentukan Tujuan Telepon

Sebelum telepon berlangsung, pastikan kamu memiliki tujuan jelas yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantu kamu mengarahkan kembali tujuan awal obrolan ketika percakapan menjadi di luar topik ataupun mengarah ke emosi negatif.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Tidak Suka Percakapan Telepon

5. Lebih Sering Mengangkat Telepon

Terus menghindari telepon yang masuk atau hanya sesekali mengangkat telepon yang penting akan membuat kamu kelelahan. Cobalah lebih sering mengangkat telepon agar kamu menjadi terbiasa.

Kamu juga bisa lebih sering membuat reservasi tempat makan ataupun layanan jasa lainnya untuk bisa berlatih berbicara di telepon.

6. Pahami Hal yang Kamu Rasakan

Jika muncul reaksi dalam diri kamu saat berbicara melalui telepon, pahami perasaan tersebut dan temukan cara untuk mengatasinya.

Misalnya, ketika kamu merasa cemas saat berbicara di telepon, tuliskan hal yang dirasakan dalam sebuah jurnal. Ini akan membantu kamu mengenali kekhawatiran yang terjadi dan cara mengatasinya.

7. Meminta Bantuan Profesional

Jika kamu merasa sangat cemas dan mengalami serangan panik saat mengangkat telepon, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke psikolog atau psikiater.

Nantinya, psikolog atau psikiater bisa memberikan terapi yang bisa bantu mengetahui penyebab kecemasan, memperbaiki pola pikir dan masalah terkait perilaku kamu, serta meningkatkan kemampuan menghadapi situasi tersebut.

Melalui terapi yang diberikan, kamu juga akan tahu penyebab ketakutan yang dialami yang akhirnya bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 15/4/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer