Sukses


8 Macam Olahraga Mengecilkan Paha, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Tidak sedikit orang merasa terganggu dan tidak percaya diri memiliki ukuran paha yang besar, terutama bagi perempuan.

Yap, hampir setiap orang tentu ingin memiliki ukuran paha yang ideal. Nah, untuk mewujudkan impian tersebut kamu bisa melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga merupakan satu di antara cara mengecilkan paha yang efektif. Tidak hanya mengecilkan paha, melakukan olahraga dapat memperkuat otot pada kaki sehingga gerakan kaki akan lebih cepat, melompat jadi lebih tinggi, dan meningkatkan stabilitas tubuh.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya diimbangi dengan asupan sehat dengan gizi seimbang.

Lantas, apa saja macam olahraga mengecilkan paha yang dapat diterapkan?

Berikut delapan macam olahraga mengecilkan paha yang mudah dilakukan di rumah, dikutip dari laman Shape dan Healthline, Sabtu (16/9/2023).

2 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Paha

1. Naik Turun Tangga

Bagi sebagian orang, olahraga naik turun tangga memang melelahkan. Namun, ini menjadi satu di antara pola hidup sehat sebagai cara mengecilkan paha.

Jika kamu melakukannya secara rutin, kamu bisa memiliki paha dan betis yang ramping serta bokong yang kencang.

2. Berenang

Rekomendasi olahraga mengecilkan paha berikutnya adalah berenang. Berenang dapat membantu membakar lemak tubuh secara bertahap. Olahraga ini juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otot.

3 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Paha

3. Lari

Lari merupakan satu di antara olahraga mengecilkan paha yang direkomendasikan, termasuk bagi penderita obesitas.

Olahraga ini banyak menggunakan anggota tubuh bagian bawah atau kaki sehingga, otot di area bokong, paha, dan betis akan lebih terlatih.

4. Lompat Tali

Lompat tali merupakan satu di antara olahraga mengecilkan paha yang cukup populer. Lompat tali memang agak sulit jika kamu belum terbiasa. Namun, jika sudah sering dan terbiasa, maka akan terasa sangat mudah. Lakukan selama 20-30 menit setiap harinya.

4 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Paha

5. Bersepeda

Satu di antara olahraga mengecilkan paha adalah bersepeda. Gerakan mengayuh saat bersepeda membuat otot-otot di paha depan (quadriceps) bekerja keras.

Tak hanya itu, otot hamstring yang terletak di belakang paha pun mengencang. Dengan demikian, tampilan paha dan betis akan jadi lebih ramping.

Olahraga ini dapat dilakukan indoor (menggunakan sepeda statis) ataupun di luar ruangan. Kuncinya, perlu rutin melakukan olahraga bersepeda jika menginginkan paha yang ramping.

6. Ballerina Plie

Ballerina plie juga dapat membantu mengecilkan paha dengan mengencangkan otot-otot pada bagian kaki serta membakar lemak yang terkumpul di area tersebut.

Untuk mempraktikkan olahraga ini, berdirilah dengan posisi kaki selebar bahu, kemudian tekuk lututmu ke samping dan rapatkan kedua kaki. Tekuk lututmu hingga membentuk sudut 90 derajat dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tersebut selama 10 sampai 15 kali repetisi.

5 dari 5 halaman

Macam Olahraga Mengecilkan Paha

7. Squat

Squat adalah satu di antara olahraga yang paling efektif untuk mengecilkan paha. Pasalnya, olahraga ini dapat mengencangkan otot paha juga betis, serta membakar lemak yang berada di area tersebut.

Untuk melakukan squat, kamu dapat berdiri dengan posisi kaki selebar bahu, kemudian turunkan badanmu seperti sedang duduk di kursi.

Pastikan untuk menjaga posisi punggungmu tetap lurus dan jangan membungkuk. Lakukan latihan ini sebanyak tiga set dengan 15 kali pengulangan di setiap set.

8. Leg Lift

Olahraga untuk mengecilkan paha selanjutnya adalah leg lift. Pertama-tama, berbaringlah di atas matras atau kasur dengan tangan di samping kiri kanan. Kemudian angkat kaki rapat-rapat ke atas hingga 45 derajat. Lalu, tahan selama 15 detik lebih lalu kembalikan ke posisi semula.

 

Sumber: Shape, Healthline

Dapatkan artikel olahraga berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer