Sukses


Cara Menangani Kesurupan dengan Sudut Pandang Psikologi

Bola.com, Jakarta - Kesurupan biasanya identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Akan tetapi, kesurupan juga bisa terjadi karena gangguan psikologis.

Dalam dunia psikologi, kesurupan biasanya dikaitkan dengan gangguan disosiatif.

Disosiatif disorder adalah kondisi psikologis yang terjadi karena perubahan fungsi dalam diri individu, yang melibatkan identitas, memori, atau kesadaran.

Orang dengan gangguan disosiatif dapat mengalami perubahan secara tiba-tiba atau bertahap. Jadi, dapat diibaratkan seperti berubah menjadi orang lain.

Berikut penjelasan lebih terperinci tentang kesurupan dalam sudut pandang psikologi beserta cara menanganinya, disadur dari Klikdokter, Rabu (20/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyebab Kesurupan menurut Psikologi

Melansir dari Cleveland Clinic, kata "disosiatif" berarti terputus hubungan, baik dari orang lain, lingkungan, maupun dirinya sendiri. 

Istilah gangguan disosiatif menggambarkan keadaan mental yang ditandai dengan perasaan terlepas dari kenyataan atau berada di luar tubuh sendiri.

Gangguan disosiatif biasanya berkembang sebagai reaksi terhadap trauma, pelecehan, stres, atau kondisi sangat tertekan sehingga membuat individu tidak dapat mengendalikan diri sendiri.

Jika dilakukan sesekali, tindakan menjauhkan diri dari perasaan trauma memang dapat membantu meringankan rasa "sakit". Bila dilakukan untuk jangka panjang, hal tersebut justru membuat stres menumpuk dan memengaruhi pola pikir.

Berangkat dari alasan itu, psikolog menganggap bahwa kesurupan terjadi sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri yang salah (maladjustment) yang dilakukan dalam jangka panjang.

Ada pula kemungkinan bahwa orang yang kesurupan tersebut sedang mencari perhatian (seeking attention). Hal ini karena orang yang kesurupan cenderung diperhatikan orang-orang lantaran bertingkah tidak biasa.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kesurupan Menurut Psikolog

Masalah disosiatif sebenarnya perlu penanganan langsung dari psikolog. Sebab, kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh sesuatu yang rumit dan sudah masuk ke alam bawah sadar individu sehingga membutuhkan psikoanalisis.

Jadi, nantinya akan dilihat perkembangannya, yang dimulai dari asal-usul permasalahan si individu. Selain itu, juga akan dicari tahu: apakah pernah ada trauma atau hal yang membuat individu stres? Itu yang nantinya akan dibantu untuk ditangani.

Lantaran "diobati" dengan cara tersebut, kamu yang tak ingin mengalami gangguan disosiatif perlu menghindari hal-hal yang mencetuskan stres atau membebani pikiran secara berlebihan.

Cobalah untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Cukupi juga waktu istirahat, berolahraga, dan lakukan hobi positif yang disenangi agar tubuh maupun pikiranmu lebih relaks.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/9/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer