Sukses


Berkekuatan 413 Atlet, Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Resmi Dikukuhkan

Bola.com, Jakarta - Tim Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2022 resmi dikukuhkan. Acara pengukuhan itu dilaksanakan di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2023). siang WIB.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, resmi mengukuhkan Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou yang akan dipimpin Chef de Mission (CdM) Basuki Hadimuljono.

Raja Sapta Oktohari memberikan pesan khusus kepada para atlet yang akan berlaga di Hangzhou, China. Asian Games 2022 bisa menjadi panggung bagi para atlet menunjukkan jatidiri bangsa.

"Asian Games bukan sekadar pertandingan. Ini adalah panggung kita menunjukkan jatidiri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pantang Gentar

Raja Sapta Oktohari pun meminta para atlet Indonesia untuk tidak gentar di Asian Games 2022. Sebab, ada doa dan dukungan dari 273 juta lebih rakyat Indonesia di belakang mereka.

"Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," katanya.

Raja Sapta Oktohari juga menginginkan lagu Indonesia Raya bisa sering berkumandang di Asian Games 2022.

"Ketika lagu Indonesia Raya berkumandang di Hangzhou, itulah saatnya kita menunjukkan kepada dunia bahwa kita bukan sekedar peserta. Kita adalah bangsa yang disegani, bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur dan bangga dengan identitasnya.” kata Okto.

Upacara pengukuhan dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibjo. Hadir pula Wakil Ketua NOC Indonesia Ismail Ning serta Komite Eksekutif NOC Jadi Rajagukguk yang juga merupakan Wakil CdM Tim Indonesia.

3 dari 3 halaman

413 Atlet

Pada Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, China, Tim Indonesia mengirimkan 413 atlet dan 135 ofisial. Mereka akan bersaing di 30 cabang olahraga, 41 disiplin, dan 202 nomor pertandingan.

Tim Indonesia dipimpin langsung Chef de Mission Basuki dan dibantu 31 personel tim CdM serta 22 personil yang akan membantu Rumah Indonesia.

Sementara itu, CdM Tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou, menyampaikan laporan kesiapan para atlet. Terutama, cabang olahraga (cabor) beregu yang telah memulai perjalanannya di Asian Games.

“Sejak 16 September 2022 sebagian anggota kontingen telah diberangkatkan, yaitu sebanyak 5 cabor," kata Basuki mengenai kontingen yang sudah berangkat dari cricket, sepak bola, voli pantaivoli indoor, dan modern pentathlon.

"Sementara 8 cabor lain sudah mendahului untuk mengikuti training center di luar negeri, termasuk di China. Malam ini akan diberangkatkan cabor hoki, sehingga masih ada 23 cabor lagi yang belum berangkat,” kata Basuki.

Delapan cabor yang dimaksud Basuki melakukan pemusatan latihan terlebih dulu di luar negeri adalah rowing, canoe, judo, taekwondo, wushu, atletik, sepeda BMX, dan panahan.

Setelah pengukuhan, Tim Indonesia akan dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada sore ini pukul 16.00 WIB. Sekadar informasi, Asian Games 2022 akan dibuka pada 23 September dan berlangsung hingga 8 Oktober 2023.

Video Populer

Foto Populer