Sukses


Macam-Macam Tanda Pasangan Selingkuh, Patut Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Selingkuh mungkin menjadi suatu hal yang kerap didengar di masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, selingkuh adalah menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur; serong.

Selingkuh dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Tindakan tersebut bukan hanya terjadi pada pasangan yang sudah menikah, tetapi juga sering dialami pada hubungan pacaran.

Biasanya, pasangan yang mengalami tindakan perselingkuhan akan ada perubahan sikap dan perilaku yang ditunjukkan. Mulai sering sibuk sendiri dengan ponsel, sering kesal atau marah tanpa alasan, atau sering berbohong.

Selain itu, masih banyak tanda-tanda pasangan sedang selingkuh yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui ciri-cirinya, kamu bisa lebih peka terhadap situasi hubungan yang sedang terjadi.

Tanda-tanda tersebut juga bisa membawamu pada bukti-bukti selanjutnya yang dapat menguatkan asumsi.

Berikut macam-macam tanda pasangan sedang selingkuh, disadur dari Liputan6, Rabu (20/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Tanda Pasangan Selingkuh

1. Menyembunyikan Ponsel

Tanda pasangan sedang selingkuh yang pertama adalah sering menyembunyikan HP. Meski sering kali seseorang berdalih terkait privasi, terlalu menyembunyikan ponsel dari pasangan bisa menjadi indikasi bahwa pasangan tersebut berselingkuh.

Terlebih lagi jika mereka menyembunyikannya secara berlebihan bahkan hingga dikunci dengan password atau kode ponsel yang susah ditebak.

2. Bersikap Dingin

Bersikap dingin juga menjadi satu di antara indikasi pasanganmu sedang berselingkuh. Rata-rata selingkuhan itu tidak lebih baik dari pasangan sesungguhnya.

Pasangan yang asli selalu dapat menerima kelebihan dan kekurangan pasangan.

3. Bertingkah Aneh dan Berbeda

Tanda pasangan sedang selingkuh yang lainnya adalah bertingkah aneh dan berbeda. Perubahan sikap tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, dari stres terhadap pekerjaan hingga bosan dengan kamu.

4. Mudah Emosi

Tanda pasangan sedang selingkuh yang lainnya adalah mudah emosi. Hal ini sering terjadi dan sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat luas.

Perubahan yang awalnya manis dan hangat menjadi mudah emosi juga bisa dipicu dengan berbagai faktor, satu di antaranya bosan.

5. Mood Berubah

Tanda pasangan sedang selingkuh selanjutnya adalah mood berubah. Selain mengalami perubahan sikap, suasana hati pasangan cenderung berubah.

Dalam hal ini, saat seorang pria berselingkuh, mereka merasakan pergolakan batin, seperti merasa bersalah, marah, dan bingung.

Dalam kondisi ini, muncul kecenderungan untuk selalu menyerang. Kemudian dia akan makin merasa bersalah dan mencoba menebusnya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Tanda Pasangan Selingkuh

6. Sering Berbohong

Tanda pasangan sedang selingkuh lainnya adalah sering berbohong. Dari adanya perubahan sikap yang dilakukan pasangan, tentu dia akan berusaha menutupi hal-hal yang akan menimbulkan kecurigaan.

Seperti misalnya, dia akan bilang lembur kerja padahal dia ingin menghabiskan waktu bersama orang lain di belakangmu, atau kebohongan-kebohongan lainnya.

Makin sering berbohong yang tak masuk akal, kamu patut menelusuri hal ini agar terbukti apa yang sedang terjadi.

7. Jarang Bicara

Jarang bicara juga termasuk tanda pasangan sedang selingkuh. Saat pasangan selingkuh, dia lebih cenderung menghabiskan waktu bersama orang lain di belakangmu. Hal inilah yang membuat kamu dan pasangan makin jauh.

Bukan hanya jauh, pasanganmu juga jarang bicara seperti sebelumnya. Selain itu, muncul sikap malas atau ketaktertarikan saat bertemu denganmu. Jika terjadi hal ini, kamu perlu mencurigai apa yang sedang terjadi.

8. Jarang Mengajak Jalan-Jalan

Jarang mengajak jalan-jalan juga mengindikasikan adanya perselingkuhan. Seperti disebutkan sebelumnya, pasangan akan cenderung malas dan merasa tidak tertarik untuk menghabiskan waktu bersama.

Jika biasanya kamu bertemu dan pergi berkencan di akhir pekan, pasangan yang selingkuh akan mencari-cari alasan untuk tidak bertemu. Baik alasan lelah bekerja, sakit, dan lain sebagainya.

9. Jarang Mengatakan Kata-Kata Manis

Tanda pasangan sedang selingkuh selanjutnya adalah jarang mengatakan kata-kata manis, seperti "I love you". Saat pacar bermain di belakang, mungkin kamu akan merasa bahwa pasangan jarang mengungkapkan rasa cintanya kepadamu.

Kamu mulai jarang mendengar kata "aku cinta kamu" atau "aku sayang kamu". Perubahan sikap ini perlu diperhatikan dan cari tahu lebih lanjut.

10. Tidak Mau Menatap Mata

Tanda pasangan sedang selingkuh berikutnya tidak mau menatap mata. Saat pasangan melakukan perselingkuhan, mungkin kamu akan merasa hubungan yang dijalani sangat hambar dan kamu merasa jauh dengan pasangan.

Selain jarang mengajak bicara, pasanganmu juga cenderung tidak mau menatap mata kamu. Dia mungkin khawatir jika kamu bisa membaca raut wajah dari seseorang yang sedang jatuh cinta dengan orang lain atau khawatir mengetahui kejanggalan-kejanggalan yang mencurigakan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Tanda Pasangan Selingkuh

11. Memberi Hadiah

Tanda pasangan sedang selingkuh yang lainnya adalah ketika kamu menerima banyak hadiah. Jika biasanya pasangan kamu memberikan hadiah di hari ulang tahun atau hari jadi hubungan, kemudian menjadi lebih sering memberikan hadiah, kamu perlu mencurigai hal ini.

Biasanya sikap ini didasari perasaan bersalahnya ketika pasangan berselingkuh di belakang. Untuk menebus rasa bersalah tersebut, pasangan bisa memberikan banyak hadiah sebagai hiburan untukmu.

12. Suka Menghindar

Jika pasangan kamu menghindar, ini bisa menjadi tanda perselingkuhan. Terkadang orang yang berselingkuh menghindari pasangannya sehingga mereka tidak perlu menghadapi pertanyaan tidak nyaman tentang di mana mereka dulu atau dengan siapa mereka.

Di lain waktu, mereka ingin menghindari perasaan bersalah yang mereka miliki karena memutuskan hubungan.

13. Bertengkar karena Hal Sepele

Ketika pasangan berselingkuh ia akan cenderung sering memulai pertengkaran dengan pasangannya. Pertengkaran ini biasanya terjadi tanpa alasan yang jelas atau karena alasan yang sepele.

Pertengkaran ini bisa menjadi tanda yang harus kamu perhatikan. Berhatil-hatilah agar jangan sampai pertengkaran ini berujung pada kekerasan dan membuatmu terluka secara mental dan fisik.

14. Meningkatnya Minat Terhadap Penampilan

Menjaga diri sendiri bisa menjadi hal yang positif, tetapi jika digabungkan dengan perilaku mencurigakan lainnya, hal ini juga dapat menimbulkan kekhawatiran.

Apabila pasangan kamu makin tertarik pada penampilannya, ini bisa menjadi tanda perselingkuhan.

15. Lebih Banyak Waktu Dihabiskan Jauh dari Rumah

Adakalanya kehidupan kita di luar sana dapat menyita lebih banyak waktu. Dengan begitu akan lebih sedikit waktu di rumah.

Namun, jika waktu yang dihabiskan di tempat lain terus meningkat atau tetap tinggi untuk waktu yang lama, ini mungkin satu di antara tanda perselingkuhan yang dilakukan pasanganmu dengan menghabiskan waktu bersama orang lain.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 21/6/2023)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer