Sukses


CdM: Peraih Medali Asian Games 2022 Akan Dapat Hadiah Rumah dari Presiden

Bola.com, Hangzhou - Kabar gembira untuk atlet peraih medali emas, perak, dan perunggu Asian Games 2022. Mereka akan mendapatkan hadiah rumah dari Presiden RI. 

Kabar itu disampaikan Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Basuki Hadimuljono saat acara makan malam di dining hall, athletes village Asian Games 2022 Hangzhou, Selasa (26/9/2022).

Pada acara tersebut Basuki Hadimuljono dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari bersama para atlet kebanggaan Merah Putih bercengkrama dengan akrab.

Dalam santap malam tersebut, CdM menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada peraih medali. Hingga hari ketiga pukul 21.00 waktu setempat, Tim Indonesia menempati di urutan ketujuh dengan koleksi 3 emas, 1 perak, 5 perunggu.

Dua keping emas tambahan diberikan penembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang memberikan emas di nomor 10 m Running Target Mixed Run. Sementara, medali emas lainnya didapatkan atlet wushu Harris Horatius yang turun di nomor Nanquan & Nangun putra. Medali perunggu didapat dari trio penembak Merah Putih yaitu Muhammad Sejahtera Dwi Putra/Muhammad Badri Akbar/Julio Irfandi yang turun di nomor Shooting-Men’s 10 m Running Target Mixed Run Team.

“Alhamdulilah setelah 72 tahun dari cabor menembak mendapat medali, dan sekarang mendapat emas. Ini tidak main-main, satu emas satu perunggu. Ada pula wushu yang kemarin mendapat perak, dan kini meraih emas,” kata Basuki, melalui rilis dari NOC Indonesia. 

“Terima kasih atas perjuangan para atlet di sini yang telah memberikan sumbangan medali.”

 

2 dari 4 halaman

Tambahan Hadiah Uang

Lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini mengatakan, peraih medali emas, perak dan perunggu akan mendapatkan apresiasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, berupa rumah.

CdM Basuki secara langsung juga turut memberikan apresiasi tambahan kepada peraih medali dalam makan malam tadi. Di antaranya, peraih emas perorangan mendapatkan 2.000 dolar AS (Rp30,9 juta), emas ganda atau trio mendapatkan 1.500 dolar AS (Rp23,2 juta), dan emas regu mendapatkan 1.000 dolar AS (Rp15,4 juta).

 

3 dari 4 halaman

Peluang Tambah Medali

Melihat perjalanan Tim Indonesia di Asian Games sampai saat ini, CdM mengaku optimistis dengan capaian target yang diberikan Presiden.

“Kita masih punya banyak nomor peluang medali, ada bulutangkis, sport climbing, angkat besi. Untuk besok ada wushu dan shooting juga masih memiliki potensi perolehan medali,” ujar Basuki.

"Kami bersyukur hari ini mendapat kebahagiaan lagi. Alhamdulilah juga berkat doa Bapak Presiden. Menembak bisa mengukir sejarah, sementara wushu bisa meraih emas di rumah-nya wushu. Ini sama seperti pencak silat, ada negara lain mendapat emas di Indonesia,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

 

 

4 dari 4 halaman

Suntikan Motivasi

Ia juga memberi apresiasi atas perhatian yang diberikan CdM Basuki dan tim yang mau turun langsung meninjau dan memastikan persiapan atlet-atlet Tim Indonesia.

“Pak CdM Basuki ini dari kemarin langsung ke dining hall. Berinteraksi dengan atlet, ini kan menyuntikkan motivasi langsung kepada para atlet. Bahkan tadi beliau juga memberikan apresiasi,” ujar Okto.

Tim Indonesia dipimpin oleh CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official partners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours,  NusaPay, Gudang Kripto, Bagasi, Pocari Sweat, dan Essenza.

Video Populer

Foto Populer