Sukses


10 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di dunia nutrisi, oatmeal (bubur gandum) kerap mendapat tempat khusus sebagai satu di antara makanan sehat dan bermanfaat.

Oatmeal tidak hanya lezat dan serbaguna, tetapi juga kaya akan nutrisi yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Baik sebagai sarapan yang lezat atau camilan yang menyehatkan, oatmeal memiliki sejumlah manfaat luar biasa yang tidak boleh diabaikan.

Oatmeal mengandung natrium, serat, protein, zat besi, magnesium, zink, selenium, kalium, kalsium, dan vitamin B6. Kandungan nutrisi oatmeal ini berpotensi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Berikut 10 manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui, disadur dari Klikdokter, Jumat (6/10/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat yang disebut LDL. Khasiat oatmeal ini berasal dari kandungan serat larut.

Menjaga kadar kolesterol tetap normal itu penting. Pasalnya, kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Kalium bertugas menjaga keseimbangan kadar natrium dalam tubuh. Pasalnya, jika kadar natrium terlalu tinggi bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu hipertensi. Nah, oatmeal mengandung kalium. Hal ini berarti konsumsi oatmeal secara rutin memberikan manfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah masalah kesehatan yang menyerang jantung dan pembuluh darah yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung atau jantung koroner.

Sudah disinggung sebelumnya, jika konsumsi oatmeal dapat menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap stabil. Efeknya ini bisa melindungi jantung dan pembuluh darahnya dari masalah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

4. Bantu Melancarkan Diet

Selama menjalani diet sehat, kamu perlu membatasi asupan kalori. Oleh karenanya, makanan tinggi kalori perlu dibatasi atau bahkan dihindari. Sebagai gantinya, kamu perlu meningkatkan makanan kaya serat dan protein, seperti oatmeal untuk mendukung program dietmu.

Di samping itu, oatmeal rendah kalori. Berapa kalori oatmeal? Per 100 gram oatmeal mengandung rendah kalori, yakni 68 kkal.

Kandungan serat dalam oatmeal juga tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Serat dan protein memberikan energi optimal dan membuat perutmu kenyang lebih lama.

Dengan begitu, kamu tidak mudah lapar dan tidak ngemil makanan tidak sehat. Jadi, mulai sekarang kamu bisa membuat berbagai menu oatmeal untuk dietmu.

5. Mencegah Obesitas

Obesitas atau penumpukan lemak di tubuh tidak hanya mengurangi citra tubuh saja, tetapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis. Itulah sebabnya, obesitas perlu dicegah.

Konsumsi oatmeal punya manfaat mencegah obesitas. Pasalnya, oatmeal lebih mengenyangkan, memberikan banyak energi, dan bernutrisi.

 6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Seperti tekanan darah, kadar gula darah dapat naik dan turun. Meski begitu, kenaikan atau penurunannya harus dalam batas normal. Jika tidak, bisa menyebabkan kondisi hiperglikemia atau hipoglikemia.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi oatmeal. Pasalnya, makanan ini mengandung serat larut dan beta glukan yang bisa mengontrol tekanan darah pada batas normal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

7. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi oatmeal secara rutin memberikan manfaat berupa perlindungan tubuh terhadap penyakit diabetes tipe 2. Ini karena oatmeal bisa membantu mengendalikan berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

Selain mencegah diabetes, makanan ini baik untuk diabetesi dalam mengelola gula darahnya. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa coba menu oatmeal untuk sarapan.

8. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa kamu cegah dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti oatmeal. Serat ini dapat menjaga tekstur feses lebih lunak sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat oatmeal in kamu harus minum cukup air putih setiap harinya. Pasalnya, serat dan bekerja optimal jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin B6 dapat dibutuhkan tubuh untuk mendukung sistem imun. Hal ini berarti sistem imunmu jadi lebih kuat.

Sistem imun bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi virus, bakteri, atau parasit. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah terserang sakit.

10. Mengoptimalkan Kinerja Saraf

Selain untuk sistem imun, vitamin B6 dibutuhkan sistem saraf agar bisa berfungsi optimal.

Fungsi sistem saraf adalah menerima, mengolah, dan menyampaikan rangsangan dari seluruh tubuh. Adanya sistem saraf, membantu kamu untuk memberikan respons terhadap sesuatu.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/6/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer