Sukses


32 Kata-Kata Islami Penenang Hati Seputar Pengampunan

Bola.com, Jakarta - Dalam perjalanan spiritual dan kehidupan sehari-hari, kita sering berhadapan dengan momen ketika hati kita merasa gelisah, penuh dosa, atau penuh penyesalan. Dalam Islam, satu di antara konsep yang penuh rahmat adalah pengampunan Allah Swt.

Pengampunan-Nya adalah karunia yang tak ternilai, dan kata-kata Islami yang berbicara tentang pengampunan dapat membawa penenang dan harapan kepada jiwa-jiwa yang haus akan kerahiman Ilahi.

Dosa bisa kita lakukan secara sengaja maupun tidak, akan tetapi yang terpenting adalah apa yang kita lakukan setelah sadar telah melakukan perbuatan dosa. Sebagai orang beriman, pasti akan segera mencari pengampunan dari Allah Swt. 

Ingatlah bahwa Allah merupakan Zat yang Maha Pengampun atas bertobatan kita. Asalkan kita secara khusyuk dan ikhlas menghadap kepada-Nya, bersujud sungguh-sungguh meminta ampunan.

Kamu bisa membaca kata-kata Islami penenang hati seputar pengampunan, yang akan memotivasimu untuk berserah kepada Allah Swt., meminta bimbingan dan petunjuk dari-Nya agar dimampukan untuk tidak terjatuh lagi ke dalam dosa.

Berikut 32 kata-kata Islami penenang hati seputar pengampunan, seperti dikutip dari Iquotepics, Kamis (5/10/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami Penenang Hati Seputar Pengampunan

1. "Tuhan kami! Ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan (semua) orang-orang yang beriman pada hari di mana umat dihisab."

2. "Kebanyakan jeritan dari para penghuni neraka itu adalah penyesalan karena menunda tobat mereka." - HR Muslim

3. "Bertobatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." - (Q.S An Nur: 31)

4. "Sangat mudah untuk mengikuti naluri kita dan membalas dendam. Melawan emosi kita adalah ujian yang sebenarnya.

5. "Jika engkau melakukan suatu perbuatan dosa maka segeralah menghapusnya dengan bertobat."

6. "Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik mereka yang berbuat kesalahan adalah yang mau bertobat." - HR Ahmad

7. "Kita harus menerima orang lain dengan memaafkan mereka karena kita juga membutuhkan penerimaan."

8. "Dosa itu perlu dibakar, entah itu dengan sakitnya rasa penyesalan di dunia ini ataukah dengan api neraka di akhirat kelak." - Ibnu Qayyim 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami Penenang Hati Seputar Pengampunan

9. "Sesungguhnya Allah akan menerima tobat seorang hamba selama napasnya belum sampai di tenggorokan (sakaratul maut)." - HR Ibnu Majah dan Tirmidzi

10. "Tidak ada pemberi syafaat yang lebih berhasil daripada tobat."

11. "Dengan mencari pengampunan Allah, tidak hanya dosa-dosa kita yang diampuni, tetapi kehidupan duniawi kita juga dipenuhi dengan berkah."

12. "Diriwayatkan dari Aisyah bahwa dia berkata, 'Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang harus aku katakan dalam doaku, jika aku datang pada Lailatul Qadar? Dia berkata, Katakanlah Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku'."

13. "Tobat sejati bukan hanya berhenti dari berbuat buruk, tetapi juga berbalik menuju kebaikan dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tetap berada di jalan kebaikan tersebut."

14. "Tidak ada dosa yang tetap kecil jika disertai dengan ketekunan, dan tidak ada dosa yang tetap besar jika disertai dengan mencari pengampunan."

15. "Kecuali orang-orang yang bertobat dan mengerjakan amal saleh. Maka kejahatan mereka itu akan diganti oleh Allah dengan kebaikan (di akhirat kelak)." - (Q.S Al-Furqan: 70)

16. "Sekelam apa pun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah Swt."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami Penenang Hati Seputar Pengampunan

17. "Betapa pun berdosanya kita, Allah bersedia mengampuni kita jika kita bertobat dan tidak mengulangi dosa itu lagi."

18. "Dalam Al-Qur'an, Allah menggambarkan hamba-hamba-Nya yang taat dengan mengatakan 'Dan mereka bertobat di pagi hari'. Artinya, sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling baik untuk bertobat."

19. "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman maka ampunilah dosa-dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka."

20. "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." - (Q.S Al Baqarah: 222)

21. "Dosa menyebabkan kerusakan dan pertobatan menghilangkan penyebabnya."

22. "Nabi (saw) mengatakan bahwa Allah menerima tobat kita sampai napas terakhir kita, dan Allah akan terus menerima tobat dari kita sampai hari matahari terbit dari barat."

23. "Nabi Muhammad (saw) tidak bersalah dari segala dosa, namun ia meminta pengampunan dari Allah sebanyak 70 dan 100 kali sehari. Kita sebagai orang berdosa seharusnya lebih banyak bertobat.

24. "Dosa adalah penyakit, tobat adalah obatnya, dan berpantang dari itu adalah obat yang paling mujarab." - Ali bin Abi Thalib

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami Penenang Hati Seputar Pengampunan

25. "Terus-menerus mencari pengampunan dari Allah dapat membantu kita untuk menjaga hati kita tetap murni dan siap untuk menerima perintah Allah lainnya."

26. "Jadikan tobat bukan hanya untuk dosa-dosa yang telah kamu lakukan, tapi juga untuk kewajiban yang belum kamu tunaikan." - Ibnu Taymiyyah

27. "Dengan bertobat atas dosa-dosa kita, kita dapat memutuskan untuk kembali kepada petunjuk Allah. Allah sangat penyayang."

28. "Kita tidak punya pilihan selain memberi pengampunan atas apa yang orang lain lakukan pada kita dan menjalani momen-momen yang akan datang tanpa beban."

29. "Mungkin matahari masih terbit esok hari, tapi belum tentu dengan kamu (apakah masih hidup ataukah tidak). Maka bertobatlah hari ini."

30. "Terkadang, melihat kembali dosa-dosa kita, kita merasa putus asa apakah Allah akan mengampuni kita? Ingatlah bahwa dosa kita tidak pernah lebih besar dari pengampunan Allah."

31. "Kamu menginginkan kedamaian? taatlah kepada Allah, taruh keningmu di atas tanah, bicaralah kepada-Nya dan curahkan semua isi hatimu, renungkan, sesali, dan bertobatlah."

32. "Berkah terindah yang telah diberikan kepada kita adalah kesempatan untuk bertobat. Sehingga, tunggu apa lagi?"

 

Sumber: Iquotepics

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini. 

Video Populer

Foto Populer