Sukses


Bacaan Doa Terkena Masalah agar Hati Tetap Tenang

Bola.com, Jakarta - Dalam proses perjalanan menjalani kehidupan, pastinya akan dihiasi dengan berbagai tantangan dan masalah.

Masalah datang dalam berbagai bentuk, dari yang sepele hingga yang kompleks, dari yang sementara hingga yang menghantui pikiran kita dalam jangka waktu yang lama.

Tak peduli seberapa keras kita mencoba menghindarinya, masalah adalah bagian alami dari eksistensi manusia.

Namun, di tengah badai masalah, kita memiliki satu alat yang tak ternilai harganya, satu sumber ketenangan dalam kekacauan, yaitu doa kepada Allah Swt.

Banyak doa-doa dalam Islam yang berfungsi untuk menenangkan hati ketika ada masalah. Doa ini bisa dibaca umat muslim agar hati terhindar dari stres, galau, dan gelisah.

Berikut doa terkena masalah yang bisa diamalkan umat muslim agar hati tetap tenang, disadur dari Dream, Jumat (6/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Doa saat Terkena Masalah agar Hati Tetap Tenang

Doa Penenang Hati ketika Ada Masalah

Banyak doa untuk menenangkan hati saat ada masalah. Membaca Al-Qur'an sangat dianjurkan untuk menenangkan hati yang sedang sedih ditimpa musibah.

Satu di antara doa penenang hati ketika ada masalah dikutip dari surah Al-Baqarah ayat 250. Doa penenang hati ini juga pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut sehingga kini ayat tersebut dijadikan doa penenang hati ketika ada masalah.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Doa Penenang Hati ketika Ada Masalah

Selain dari surah Al-Baqarah, doa penenang hati ketika ada masalah juga dikutip dari surah Thaha ayat 25-28. Bahkan doa penenang hati ketika ada masalah yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa ketika menghadapi Raja Fir'aun.

Berikut bacaan doa penenang hati berdasarkan surah Thaha tersebut:

Rabbish-rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku."

3 dari 4 halaman

Doa Terkena Masalah agar Hati Tetap Tenang

Doa Penenang Hati Ketika Ada Masalah

Kekuatan doa memang tidak diragukan lagi. Jika kamu yakin dengan doa yang kamu panjatkan maka Allah Swt. pasti akan mengabulkannya.

Tuhan adalah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Maka itu, berprasangka baiklah kepada Allah, bahkan ketika kamu sedang menghadapi suatu masalah.

Kamu bisa membaca doa penenang hati ketika ada masalah, satu di antaranya seperti doa berikut ini:

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatika, naashiyatii biyafika, maadlin fi hukmika, adlun fi qadlaika, as-aluka bikulli ismin huwa laka sammaita bihi nafsaka, aw anzaltahu fi kitabika, aw ‘allamtahu ahadan min khalqika, awis ta’tsarta bihi fi ‘ilmil ghaibi ‘indaka, an taj’ala qur-ana rabi’a qalbi wanuura shadri wajalaa’a huzni wa dzahaba hammi.

Artinya:

“Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu agar engkau menjadikan Al-Qur'an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

4 dari 4 halaman

Doa saat Terkena Masalah agar Hati Tetap Tenang

Doa Penenang Hati Ketika Ada Masalah

Cara menenangkan hati dan pikiran berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang tenang dengan bercerita kepada teman, ada pula yang menjadi tenang dengan membaca Al-Qur'an. Membaca doa penenang hati menjadi pilihan yang bagus ketika kamu sedang ditimpa suatu masalah.

Doa penenang hati ketika ada masalahh berikut ini didasarkan pada hadis Rasulullah saw. dari Imam Thabrani dari Abu Umamah.

"Sesungguhnya Nabi Muhammad saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.'"

Dari hadis tersebut, terdapat doa penenang hati, yaitu:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 19/7/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer