Sukses


Manfaat Diskusi di Tempat Kerja, Membangun Kesolidan

Bola.com, Jakarta - Diskusi adalah bentuk komunikasi terbuka yang bisa dilakukan di berbagai tempat, tak terkecuali di tempat kerja.

Adanya diskusi bisa membedakan lingkungan kerja yang baik dan buruk. Selain itu, tanpa komunikasi yang baik, kesalahan akan rentan terjadi.

Dengan diskusi, seseorang bisa membongkar dan mencoba memahami sebuah masalah. Biasanya, dalam diskusi orang akan saling bertukar pikiran.

Orang yang berdiskusi biasanya akan berkumpul, baik secara formal maupun informal untuk mendiskusikan ide, memecahkan masalah, atau memberikan komentar.

Metode diskusi yang dilakukan bisa dengan bertemu langsung, melakukan panggilan konferensi, menggunakan pesan teks, atau menggunakan situs web seperti forum internet.

Berikut ini beberapa manfaat melakukan diskusi di tempat kerja, dilansir dari laman Glints, Senin (9/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Diskusi di Tempat Kerja

1. Meningkatkan produktivitas

Satu di antara manfaat dari adanya diskusi di tempat kerja adalah meningkatkan produktivitas. Melalui diskusi, akan saling terbuka terhadap ide-ide baru dan mendapatkan sudut pandang baru dalam menghadapi suatu persoalan.

Diskusi juga membantu orang yang memiliki sifat "tertutup" dalam menyampaikan pendapat. Hal itu karena dalam forum diskusi semua orang mendapatkan kesempatan berbicara.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan feedback dan insight untuk menghadapi masalah pekerjaan dengan lebih cepat dari rekan kerja.

2. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat lain dari diskusi adalah meningkatkan kreativitas. Diskusi ringan sekalipun akan membantumu dalam meningkatkan kreativitas. Hal itu karena dalam diskusi, kamu akan "dipaksa" untuk memberikan informasi atau poin yang belum pernah orang lain dengar.

Selain itu, jika diskusi berjalan sehat dapat memberikan energi positif untuk orang-orang yang terlibat.

Melalui diskusi, pandanganmu akan menjadi lebih luas, dan juga akan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja.

3. Meningkatkan kerja sama

Manfaat lain dari diskusi adalah meningkatkan kerja sama antara kamu dengan rekan kerja. Hal ini karena dalam diskusi, kamu akan bertukar pikiran dengan mereka dan mengerti perspektif satu sama lain untuk mencari solusi yang terbaik.

Selain itu, diskusi memberikan insight baru untuk setiap orang yang terlibat sehingga akan mempermudah ketika brainstorming atau problem-solving.

Adanya kerja sama yang baik akan meminimalisasi terjadinya kesalahpahaman atau konflik antara rekan kerja.

4. Membangun lingkungan kerja yang sehat

Diskusi juga dapat membantu membangun lingkungan kerja yang sehat. Dengan adanya pertukaran ide dan informasi melalui diskusi, kamu dapat menjaga keharmonisan tim.

Selain itu, diskusi membantumu dan rekan kerja dalam menyampaikan masalah seputar pekerjaan serta lingkungan kerja.

3 dari 4 halaman

Manfaat Diskusi di Tempat Kerja

5. Mengenal satu sama lain

Satu di antara manfaat lain dari diskusi adalah membuatmu mengenal rekan kerja lebih baik lagi. Ketika diskusi, kamu bisa mengetahui sekaligus mempelajari karakter rekan kerja secara tidak langsung.

Bahkan, diskusi tentang topik di luar pekerjaan pun akan membangun hubungan yang lebih baik dan sehat. Hal ini tentu dapat meningkatkan rasa percaya kepada satu sama lain ketika bekerja.

6. Meningkatkan rasa ingin tahu

Manfaat selanjutnya dari diskusi adalah meningkatkan rasa ingin tahu, baik rasa ingin tahu dalam atau luar konteks pekerjaan.

Diskusi dapat membuat seseorang merasa tertantang melakukan hal yang belum diketahui dan mendorongnya untuk mempelajari hal-hal tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pencapaian di tempat kerja, personal growth, dan produktivitas kerja.

7. Mendorong kebebasan berpendapat

Diskusi akan mendorong kebebasan berpendapat bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Apalagi jika diskusi tersebut membahas persoalan yang dianggap sensitif dan sulit.

Dengan sikap dan pendekatan terbuka ketika berdiskusi tentang suatu persoalan, orang-orang pada akhirnya tidak akan takut untuk menyuarakan ide mereka.

4 dari 4 halaman

Manfaat Diskusi di Tempat Kerja

8. Menekankan active listening

Diskusi menekankan setiap orang yang terlibat untuk melakukan active listening. Dengan fokus memperhatikan apa yang dibicarakan orang lain, kamu akan lebih mudah mengerti dan juga menghargai mereka ketika berbicara.

Tentunya, dengan kemampuan active listening, kamu akan lebih mudah ketika bekerja dalam tim.

9. Melatih kemampuan negosiasi

Manfaat lain dari diskusi adalah melatih kemampuan untuk bernegosiasi. Hal ini karena saat berdiskusi, seseorang akan berusaha menyampaikan ide ke orang lain dan mencoba meyakinkan mereka bahwa ide yang disampaikan adalah solusi terbaik.

Tidak hanya itu, kamu pun akan dilatih untuk mengalah, bertoleransi, dan mengetahui pentingnya kerja sama dalam tim.

10. Sarana untuk self-improvement

Dengan berdiskusi, kamu akan mengetahui dan menyadari bahwa terkadang pendapatmu bukan sesuatu yang sempurna. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk kamu agar terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, kamu pun akan belajar lebih banyak dan dapat memberikan yang lebih baik lagi di tempat kerja. Tentunya hal ini akan memberimu keuntungan, seperti kesempatan untuk promosi atau naik gaji nantinya.

 

Sumber: Glints

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer