Sukses


Ukir Hattrick Gelar Juara Dunia F1, Max Verstappen Masuk Daftar Pembalap Elite

Bola.com, Lusail - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil mengunci titel juara dunia Formula 1 (F1) 2023, setelah finis di urutan kedua sprint race seri Qatar, Minggu (8/10/2023) dini hari WIB.

Dalam balapan yang berlangsung di Lusail International Circuit, Verstappen mengawali sprint race dari urutan ketiga. Sebelum lomba dimulai, pembalap asal Belanda tersebut membutuhkan tiga poin untuk meraih gelar juara dunia F1 tahun ini.

Meski begitu, Max Verstappen tetap memacu RB19 dengan maksimal. Sempat tercecer ke urutan lima, pembalap berusia 26 tahun tersebut akhirnya sukses finis di urutan kedua kedua.

Max Verstappen mencatatkan waktu 35 menit 3,168 detik atau tertinggal 1,871 detik dari Oscar Piastri yang berhasil meraih podium juara F1 GP Qatar. Sementara itu, podium kedua menjadi milik Lando Norris yang tertinggal 8,947 detik dari Piastri.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Terkejar

Berkat hasil tersebut, Max Verstappen dipastikan mengunci titel juara dunia F1 2023, kendati musim ini masih menyisakan lima seri lagi. Verstappen berhasil mendulang 407 poin, unggul hingga 184 poin atas Sergio Perez di peringkat kedua.

Max Verstappen bisa masih bisa menambah pundi-pundi poinnya, karena F1 GP Qatar masih akan menghelat balapan utama pada Senin (9/10/2023) dini hari WIB.

"Saya tidak tahu harus berkata apa. Ini adalah tahun yang luar biasa. Terima kasih untuk tim karena telah memberikan saya mobil sebagus itu," kata Verstappen di situs resmi Formula 1.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang di sini, di trek, di pabrik karena telah mengerahkan seluruh upayanya," kata lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Masuk Daftar Elite

Prestasi tersebut membuat Max Verstappen kini telah meraih tiga gelar juara dunia Formula 1 pada 2021, 2022, dan 2023. Pencapaian tersebut membuatnya kini masuk daftar elite, yakni pembalap yang berhasil meraih tiga titel juara dunia F1.

Selain itu, dia juga merupakan pembalap kelima yang berhasil mengukir hattrick, atau meraih trofi juara dunia Formula 1 secara beruntun. Sebelumnya ada Juan Manuel Fangio, ​​Michael Schumacher, Sebastian Vettel, serta Lewis Hamilton.

"Untuk bisa mencapai sesuatu seperti ini, saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada kalian semua (tim) untuk kinerja, kerja sama, yang merupakan dua hal penting. Terima kasih banyak," kata Verstappen.

 

4 dari 4 halaman

Selebrasi Juara Dunia Max Verstappen

Video Populer

Foto Populer